1 tahun lalu |19 Mei 2016 00:31 |1275 Pembaca

Warga Baktiraja Minta Aek Silang Segera Dinormalisasi

Foto: Pihak Bappeda dan warga saat meninjau Sungai Aek Silang, Baktiraja, Humbahas, pasca banjir bandang, Rabu (18/5). Oka/ST
HUMBAHAS, SUARATAPANULI.COM – Warga di sekitar Sungai Aek Silang, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbahas berharap pemerintah menormalisasi sungai tersebut. Selain untuk mencegah terjadinya kembali banjir bandang, sungai itu pun sudah lama mengalami pendangkalan.

Warga menyebutkan, sebenarnya permohonan normalisasi sungai itu sebelumnya sudah pernah disampaikan di rapat musrembang kecamatan. Namun hingga terjadi banjir bandang kemarin, belum dilakukan.

“Untuk mengantisipasi bencana banjir lagi. Sungai ini harus segera dinormalisasi dengan cara pengerukan,” ucap warga, diantaranya Derisman Manik, Halasan Sinaga, Rudianto Sitompul, dan Sondi Banjarnahor, Rabu (18/5).

Sementara itu Sekretaris Bappeda Humbahas Jonny Gultom menyampaikan bahwa pihaknya sudah mengajukan dana normalisasi sungai itu ke Balai Wilayah Sungai (BWS) Provinsi Sumatera Utara. Sebab penanganan sungai itu masih merupakan wewenang provinsi.

“Memang saat rapat musyawarah desa, kecamatan hingga kabupaten sebelumnya, usulan untuk normalisasi Aek Silang sudah disampaikan warga. Kami pun sudah sampaikan usulan itu ke BWS Sumut. Informasi yang kami terima terakhir, pihak BWS sudah survei, mudah-mudahan permintaan itu segera realisasi,” jawabnya.

Editor: Mora