1 tahun lalu |19 Mei 2016 10:38 |2556 Pembaca

Gerbang Pora dan Airmata Lepas AKBP Bony

Foto: Gerbang Pora pemberangkatan AKBP Bony JS Sirait dari Mapolres Tapteng, Kamis (19/5). Mora/ST
TAPTENG, SUARATAPANULI.COM – Luar biasa dan mengharukan. Prosesi pemberangkatan AKBP Bony JS Sirait dan istri oleh segenap jajaran Polres Tapanuli Tengah dari Mapolres setempat, diwarnai isak tangis, Kamis (19/5) pagi.

Selepas pengalungan bunga dan Gerbang Pora, AKBP Bony dan istri menyalami dan memeluk seluruh personel yang sudah berbaris memanjang hingga ke rumah dinasnya yang berjarak sekitar 150 dari mapolres di Jalan Dr FL Tobing Sibolga.

Amatan, hampir semua personel dan ibu-ibu Bayangkhari menitikan airmata. AKBP Bony pun tampak tak sungkan untuk menyalam erat dan memeluk setiap personel yang disalaminya. Tak sedikit pula warga sipil dan rekan wartawan yang ikut di barisan pemberangkatan itu.

“Semua terharu. Memang Bapak ini baik kali orangnya. Semua anggota gak ada yang pernah tersinggung dibuatnya. Kalau misalnya ada yang bermasalah, beliau memberikan pembinaan, bahkan ikut membantu menyelesaikan masalahnya,” kata salah seorang personel sambil menyeka airmata di pipinya.

Bahkan saat hendak memasuki rumah dinas, ada seorang tukang becak bermotor yang tiba-tiba menghentikan becaknya sebentar hanya untuk menyalam AKBP Bony.

“Tunggu sebentar ya Bu, aku hanya mau menyalam Pak Kapolres sebentar,” ujar pria tukang becak itu kepada penumpangnya.

Pengelola kantin di samping Mapolres Tapteng, Masdar Tanjung juga mengaku tak bisa membendung airmatanya. Kata Masdar yang juga Kepling III Kelurahan Kota Baringin itu, sebelumnya ada 6 kapolres yang membuat acara perpisahan pindah, tapi dia tak menitikan airmata.

“Pak Bony ini gak pernah kasih apa-apa sama saya, tapi yang saya ingat Pak Bony ini bilang ‘itu kepling yang berkantin di samping, itu saudara saya, jangan diganggu ya’. Bayangkan seorang Kapolres menyatakan seperti itu. Makanya saya gak bisa lupa kebaikannya,” ujar Masdar.

 

Foto: AKBP Bony JS Sirait dan istri saat menyalami jajaran personel yang diwarnai isak tangis, Kamis (19/5). Mora/ST Foto: AKBP Bony JS Sirait dan istri saat menyalami jajaran personel yang diwarnai isak tangis, Kamis (19/5). Mora/ST

 

Prosesi barisan pemberangkatan hingga ke rumah dinas dan upacara Gerbang Pora itu merupakan hal baru yang dilaksanakan saat pergantian pejabat kapolres.

Sebelumnya pada Rabu (18/5) malam, sudah dihelat acara pisah sambut di Mapolres. Terpantau Danrem 023/KS Kol Inf Fahcri, segenap jajaran Muspida Plus Pemkab Tapteng dan Pemko Sibolga hadir. Begitu juga para tokoh agama dan masyarakat, mitra pengusaha, wartawan dan LSM, serta kalangan masyarakat umum.

AKBP Bony JS Sirait meninggalkan jabatan sebagai Kapolres Tapteng menjadi Kabag Dal Pers Biro SDM Poldasu. Penggantinya, AKBP Hari Setyo Budi dari sebelumnya sebagai Kasubdit GakumĀ Polda Maluku.

Editor: Mora