1 tahun lalu |19 Mei 2016 13:56 |2510 Pembaca

Buarrr…! Atap Kaca Kanopi Sibolga Square Tiba-tiba Jatuh ke Jalan

Foto: Serpihan atap kaca kanopi Sibolga Square yang tiba-tiba pecah dan jatuh berserakan di badan Jalan Ahmad Yani, Kamis (19/5) siang. Raymon/ST
SIBOLGA, SUARATAPANULI.COMBuarrr…! Begitu suara mengejutkan dari salah satu lembaran atap kaca kanopi Sibolga Square di Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sibolga Kota, yang tiba-tiba pecah lalu jatuh ke badan jalan, Kamis (19/5) sekira pukul 13.20 WIB. Serpihan kecil kaca yang jatuh dari ketinggian sekitar 8 meter itu berserakan di badan jalan.

“Untung saja tidak ada korban pengguna jalan yang tertimpa. Ini sangat berbahaya,” ujar Koordinator Bara JP Sibolga Eddy Suryanto, di lokasi.

Melihat serpihan kaca setebal sekitar 1 cm berserakan di tengah jalan, beberapa pengendara tampak menghindarinya saat melintas. Setiap lembaran atap kacanya itu berukuran sekitar lebar 1 meter x 2 meter.

Tak lama kemudian, petugas Satpol PP Pemko Sibolga yang dihubungi datang ke lokasi. Ruas jalan itu sementara ditutup untuk pembersihan sepihan kaca.

“Kalau 1 sudah mulai pecah, ini kemungkinan besar akan ada lagi yang lain. Ini mungkin karena kacanya sudah rapuh diterpa panas matahari dan hujan. Pemerintah daerah melalui instansi terkait harus segera tanggap dengan kondisi ini. Jangan sampai ada korban nanti,” timpal Eddy.

Sekedar mengingat kembali, pembangunan kanopi untuk kawasan pusat jajanan malam di kota berjuluk ‘Negeri Berbilang Kaum’ itu mulai dikerjakan oleh CV Indra pada 2014 lalu. Biayanya Rp2,3 miliar dari dana Bantuan Keuangan Provinsi (BKP).

Pembangunannya terlambat selesai karena kemudian tiang-tiang penyangganya sempat miring karena tidak kuat menahan beban atap kacanya. Perbaikan pun dilakukan dengan menambah cor beton di pondasi tiang-tiangnya. Alhasil proyek itu baru rampung total pada pertengahan 2015 lalu.

Editor: Mora