1 tahun lalu |19 Mei 2016 14:47 |576 Pembaca

Lupa Padamkan Kompor Gas, Dapur Rumah Deliana Terbakar

Foto: Situasi panik warga di Gang Kenangan (dalam), Aek Parombunan, Sibolga Selatan, saat api mulai berkobar di dapur rumah Deliana, Kamis (19/5) siang. Raymon/ST

SIBOLGA, SUARATAPANULI.COM – Karena lupa memadamkan kompor gas, dapur rumah Deliana (40-an) di Gang Kenangan (dalam), Kelurahan Aek Parombunan, Kecamatan Sibolga Selatan, ludes dilalap si jago merah, Kamis (19/5) siang. Beruntung api bisa segera dipadamkan oleh warga sekitar.

Peristiwa itu sempat membuat panik warga sekitar. Apalagi kawasan tersebut padat pemukiman. “Api langsung kami padamkan beramai-ramai. Yang terbakar dapurnya saja,” ujar Pian Pasaribu, warga setempat.

Lanjut Pian, saat pemadaman api, warga terpaksa merusak dinding rumah itu. Karena jalur masuk ke kawasan itu sangat sempit, dan sulit dilalui orang banyak. Dengan peralatan ember seadanya, warga menyirami kobaran api dengan air sungai Sihopo-hopo yang mengalir tak jauh dari rumah tersebut.

Pian menyebutkan, api diduga berasal dari kompor gas. Penghuninya diduga lupa dan lalai memadamkan kompor gas. “Dia (Deliana) pergi ke luar rumah untuk bertelepon pakai HP, padahal api kompor masih menyala. Dia pikir apinya sudah padam total,” tandasnya.

Beberapa menit kemudian dua unit mobil pemadam kebakaran milik Pemko Sibolga tiba di lokasi. Karena api sudah padam, petugas hanya melakukan pendinginan di arel rumah yang terbakar. Itu dilakukan untuk memastikan api sudah betul-betul padam.

Sementara itu, Deliana masih terlihat shock atas kejadian yang nyaris menghanguskan seluruh bangunan rumahnya itu. Dia tidak bersedia diwawancarai awak media. Menurut warga tetangga, saat kejadian Deliana bersama dengan tiga anaknya. Sementara suaminya sedang pergi melaut.

“Janganlah, gak sanggup aku menceritakannya,” kata Deliana menolak pertanyaan wartawan di lokasi.

Editor: Mora