1 tahun lalu |20 Mei 2016 08:17 |1274 Pembaca

Dikira Asap Bakar Ikan, Rumah di Jln Aso-aso Sibolga Nyaris Ludes Terbakar

Foto: Petugas pemadam kebakaran memadamkan sumber api di bagian atap rumah Suwanto, di Jalan Aso-aso, Sibolga, Kamis (19/5) malam. Raymon/ST
SIBOLGA, SUARATAPANULI.COM – Kepulan asap putih dari bagian atas rumah Suwanto di Jalan Aso-aso, Kota Sibolga, sempat membuat warga sekitar panik, Kamis (19/5) malam. Awalnya warga mengira asap itu karena pemilik rumah sedang membakar ikan, tapi kemudian muncul nyala api.

Sontak saja, warga sekitar mulai panik. Sedangkan pemilik rumah tidak menyadari kalau bagian atas rumahnya sudah mulai terbakar. “Awalnya api tidak terlihat, tapi kepulan asap putih jelas terlihat keluar dari atap rumah,” ujar Ian, warga sekitar.

Ian menambahkan, awalnya warga mengira kalau penghuni rumah itu sedang membakar ikan. Sebab Suwanto dikenal bekerja di tangkahan ikan. “Setelah kami perhatikan, lama-lama kok terlihat ada api di bawah atapnya. Wah, ini bukan asap bakar-bakar ikan lagi,” ucap Ian.

Warga yang mengetahui api mulai menjalar lalu membangunkan para penghuni rumah yang tidak sadar api sudah menyala di bagian atas rumahnya. Ada 7 orang yang malam itu sedang berada di dalam rumah permanen tersebut. “Kami teriak menyuruh yang di dalam rumah untuk segera keluar,” ujarnya.

Warga lainnya langsung menghubungi unit pemadam kebakaran. Tak lama 3 mobil pemadam tiba di lokasi. Petugas langsung berupaya mencari sumber api. Lantaran sulit menemukan sumber api, akhirnya petugas dibantu warga membongkar paksa atap seng rumah itu. Petugas kemudian menyiram sumber api hingga benar-benar padam.

Sementara itu Elen, istri Suwanto, mengakui tidak menyadari kalau bagian atas rumahnya terbakar. Mereka tahu dari warga sekitar.

“Kami sedang beristirahat di dalam, kami gak ada yang tahu kalau di atap terbakar. Setelah dikasih tahu tetangga baru kami sadar dan langsung ke luar semua, gak sempat lagi berfikir mau menyelamatkan barang-barang,” ujar Elen.

Setelah petugas berjibaku selama satu jam lebih, akhirnya api berhasil dipadamkan. Dugaan sementara, api berasal dari korsleting listrik pada instalasi di bagian atas rumah.

Editor: Mora