1 tahun lalu |20 Mei 2016 21:33 |1346 Pembaca

Touring MoGe H3 ‘Greatest Caldera Ride 2016’, Promosikan Danau Toba

Foto: Pengurus H3 Tengku Idris Pardede (baju merah), bersama Panitia Touring MoGe Efrinal Sinaga, Agustino Sidabutar, dan Edwar Naibaho, saat konferensi pers di PIA Hotel Pandan, Jumat (20/5). Marihot Simamora/ST
TAPTENG, SUARATAPANULI.COM – Touring Motor Gede (MoGe)  ‘Greatest Caldera Ride 2016’, adalah bentuk partisipasi aktif komunitas Horas Halak Hita (H3) dalam mempromosikan pesona pariwisata Danau Toba ke dunia internasional.

“Mendukung program pemerintahan Jokowi-JK melalui Kementrian Pariwista dalam penciptaan ’10 Bali Baru’, dimana salah satunya adalah Danau Toba,” kata perwakilan H3 Tengku Idris Pardede saat konferensi pers di PIA Hotel Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah, Jumat (20/5).

Dijelaskannya, touring ini adalah salah satu rangkaian campaign dari H3 dalam programnya ‘Toba International Detour’, dengan branding ‘Wonderful Toba’ tahun 2016. Pekan lalu, H3 telah sukses melaksanakan ‘Golf H3 dan Fun Walk for Wonderful Toba’ di Monas dan Bundaran HI Jakarta.

“Kegiatan itu sukses diikuti oleh 6.000-an peserta,” beber Tengku Idris Pardede yang juga bersama Panitia Touring Efrinal Sinaga, Agustino Sidabutar, dan Edwar Naibaho.

Pada Juli dan September nanti, H3 pun akan melaksanakan festival musik internasional bertajuk ‘Batak in Harmony’ di Jakarta dan Bul Bul Beach Balige, Tobasa. Termasuk helatan bersepeda jarak panjang bertema ‘Toba GranFondo’ pada Agustus mendatang. Kemudian lari marathon di Pulau Samosir ‘Samosir Toba Ultra’, serta beberapa kegiatan edukatif dan literasi kepariwisataan.

“Seluruh rangkaian kegiatan ini diharapkan dapat mendukung pencapaian target kunjungan 1 juta wisatawan ke Danau Toba. Juga menciptakan multiplier effect bagi pendapatan dan kesejahteraan masyarakat, termasuk terhadap pemerintah daerah di sekitaran Danau Toba,” paparnya.

Touring MoGe H3 ‘Greatest Caldera Ride 2016’ ini diikuti oleh sekitar 170 unit dari Jakarta, Aceh, dan Sumatera Utara, pada Sabtu-Minggu, 21-22 Mei. Rutenya melintasi kawasan Danau Toba.

Pada hari pertama start dari Pantai Bosur Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah hingga ke Kota Parapat. Hari kedua, start dari Kota Parapat hingga finish di Hotel Danau Toba, Kota Medan. Total jarak yang ditempuh sekitar 570 kilometer.

Touring perdana di Provinsi Sumatera Utara ini juga diikuti 50 peserta dari komunitas sepedamotor matic Scoopy dan 100 peserta dari komunitas Vespa asal Kota Medan dan Padangsidimpuan.

Editor: Mora