1 tahun lalu |21 Mei 2016 00:59 |567 Pembaca

Nelayan Gunungsitoli Dilatih Buat Kapal Fiberglass

Foto: Pelatihan pembuatan kapal dari bahan fiberglass kepada nelayan di Kota Gunungsitoli, Jumat (20/6). AL/ST
NIAS, SUARATAPANULI.COM – Beberapa nelayan di Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, dilatih tehnik pembuatan kapal bermotor dari bahan fiberglass. Terobosan baru itu lebih unggul dan ekonomis dibandingkan dengan kapal berbahan kayu.
“Keunggulannya adalah waktu pembuatannya relatif singkat dan mudah, biaya perawatan lebih kecil, daya tahan lebih lama karena bisa mencapai 20 tahun, dan lebih ringan sehingga mudah dioperasikan,” ujar Wawako Gunungsitoli Sowa’a Laoli saat membuka pelatihan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, di Desa Humene, Kecamatan Gunungsitoli Idanoi, Jumat (20/5).

Wawako menekankan agar nelayan peserta benar-benar tekun dan cermat menyerap materi pelatihan yang disampaikan para instruktur. Keterampilan yang didapat itu kelak jangan hanya dijadikan sekedar referensi semata, tapi hendaknya juga dapat diterapkan. Karena sebenarnya keterampilan yang diperoleh adalah modal awal untuk sebuah peluang usaha alternatif yang cukup menjanjikan.

“Dalam jangka panjang ke depan, nelayan kita kalau bisa tidak ada lagi yang menggunakan kapal kayu, tapi semua dari fiberglass,” harapnya.

Editor: Mora