1 tahun lalu |21 Mei 2016 13:42 |1286 Pembaca

Touring MoGe H3 ‘Greatest Caldera Ride 2016’ Raih Piagam LEPRID

Foto: Direktur LEPRID Paulus Pangka (kanan) saat menyerahkan piagam penghargaan kepada Bupati Tapteng saat pelepasan peserta Touring MoGe H3 'Greatest Caldera Ride 2016' di Pantai Bosur Pandan, Sabtu (21/5) pagi. Dok/ST
TAPTENG, SUARATAPANULI.COM – Touring 170 Motor Gede (MoGe) ‘Greatest Caldera Ride 2016’ dari Pantai Bosur Pandan, Tapanuli Tengah – Parapat – Medan, meraih penghargaan dari Lembaga Prestasi Indonesia-Dunia (LEPRID)‬, Sabtu (21/5) pagi. Piagam penghargaan diserahkan oleh Direktur LEPRID Paulus Pangka kepada Panitia Touring dan Bupati Tapanuli Tengah Sukran Jamilan Tanjung saat pelepasan start konvoi motor besar itu.‬
LEPRID memandang, touring gagasan komunitas “Horas Halak Hita (H3)” itu merupakan sebuah even positif dalam mempromosikan pesona pariwisata Danau Toba dan yang ada di Tapanuli Tengah sebagai daerah penopang.

“Harapan kita para riders peserta touring ini dapat menjadi duta pariwisata sepulangnya ke tempat asalnya masing-masing,” ujar  Paulus Pangka.

Selain MoGe, touring juga diikuti peserta dari komunitas sepedamotor matic Scoopy dan Vespa. Para peserta touring ini tercatat dari Pulau Jawa, Padang Sumatera Barat, Aceh, dan Medan Sumatera Utara.‬

Danrem 023/KS Kol Inf Fachri di kesempatan itu menyampaikan, kawasan Danau Toba masih merupakan wilayah teritorial Korem 023/KS. Karena itu pihaknya sangat mendukung even touring sebagai peran aktif H3 mempromosi pariwisata destinasi yang termasuk dalam program pemerintah menciptakan ’10 Bali Baru’.

“Pemerintah sekarang fokus kepada pengembangan pariwisata Danau Toba. Wilayah sekitarnya juga menjadi penopang, Tapanuli Tengah salah satunya yang juga memiliki sejumlah destinasi wisata yang layak jual. Seperti Air Terjun Pulau Mursala dan situs religi Islami berupa makam-makam tua di Barusn,” ujar Danrem.

Touring sendiri dilaksanakan pada Sabtu-Minggu, 21-22 Mei 2016. Pada hari pertama rutenya Pantai Bosur – Kota Sibolga – Kota Tarutung, Tapanuli Utara – Kota Doloksanggul, Humbahas – Kota Balige, Tobasa – Kota Parapat.

Dan hari kedua start dari Kota Parapat – Tiga Dolok, Simalungun – Merek, Karo – Sipisopiso, Karo – Kabanjahe, Karo – Berastagi, Karo – Hotel Danau Toba, Kota Medan. Total jarak yang ditempuh sekitar 570 kilometer.

Editor: Mora