1 tahun lalu |23 Mei 2016 19:48 |1298 Pembaca

Rekanan Perbaiki Embung Matiti yang Ambruk

‪Foto: Tanggul embung Desa Matiti, Doloksanggul, Humbahas yang sempat ambruk namun telah diperbaiki kembali. Oka/ST
HUMBAHAS, SUARATAPANULI.COM –  Rekanan CV Humbang Mas memperbaiki kerusakan yang dialami embung di Desa Matiti, Kecamatan Doloksanggul, Humbahas. Sebelumnya, tanggul jaringan irigasi persawahan itu jebol dan ambruk.
“Kami memerintahkan rekanan untuk memperbaiki seluruh kekurangan pekerjaannya. Kami sangat menjaga mutu pekerjaan. Dan memang proyek itu masih dalam masa pemeliharaan,” kata PPK proyek itu, Ariston Sijabat, Senin (23/5).

Menurut Ariston, kerusakan embung diduga akibat pipa yang sebelumnya sudah terpasang di lokasi. Pada saat pengerjaan embung, warga menolak pencabutan pipa itu. “Makanya rembesan air masuk lewat pipa yang sudah tertimpa cor pondasi itu,” ungkapnya.

Sebelumnya, kerusakan tanggul embung bernilai Rp 199 juta dari APBD Humbahas TA 2015 pada Dinas Pertanian itu ramai disoroti masyarakat dan media. Sebab kok belum lama rampung dibangun, sudah  ambruk. “Pembangunan awalnya itu yang mungkin asal jadi. Tapi syukurlah sekarang sudah diperbaiki kembali,” tutur Op Marsaulina Pakpahan (66), warga desa setempat.

Editor: Mora