1 tahun lalu |24 Mei 2016 13:32 |1190 Pembaca

Dana Disepakati Rp27,3 Miliar, Tahapan Pilkada Tapteng Mulai Berjalan

TAPTENG, SUARATAPANULI.COM – KPUD dan Pemkab Tapanuli Tengah (Tapteng) akhirnya sepakat menganggarkan dana pilkada 2017 nanti sebesar Rp27,3 miliar. Kemarin, Ketua KPUD Halomoan Lumbantobing dan Bupati Sukran J Tanjung meneken nota perjanjian hibah dananya (NPHD), di kantor bupati setempat.

Pada kesempatan itu, bupati Sukran berpesan agar dana dari APBD dan P-APBD TA 2016 tersebut digunakan semestinya. Dan tahapan pilkada kiranya dapat dilaksanakan sesuai ketentuannya.

Dengan ditekennya NPHD itu, maka KPUD sudah mulai melaksanakan tahapan. Awalnya sosialisasi kepada partai politik peserta dan calon perseorangan yang sudah mendirikan poskonya. Yakni perihal penetapan hari H pemilihan, penetapan jadwal tahapan, dan penetapan daftar pemilih tetap (DPT). Sementara itu hari H pemilihan ditetapkan pada 15 Februari 2017.

Sebelumnya, sempat terjadi tawar menawar antara KPUD dengan Tim Anggaran Pemkab soal dana pesta demokrasi ini. Bahkan sempat dinyatakan pilkada terancam ditunda menjadi 2018, jika NPHD belum diteken selambatnya hingga 22 Mei 2016.

Dimana awalnya KPUD mengusulkan dana sebesar Rp35,5 miliar. Tapi rupanya tim anggaran eksekutif sudah menentukan anggarannya, yakni sebesar Rp20,3 milliar. Akhirnya Sekdakab Henri Tobing meminta KPUD merevisi kembali anggaran yang diajukan itu. Mengingat kemampuan keuangan daerah dan rasionalisasi kebutuhan.

KPUD kemudian merevisi anggaran. Setelah memotong honor dan dana lainnya, diusulkan lagi menjadi sebesar Rp29,3 miliar. Namun tim anggaran eksekutif tetap bertahan pada angka Rp20,3 miliar.

Editor: Mora