1 tahun lalu |24 Mei 2016 14:45 |1023 Pembaca

Harga Daging di Pasar Sibolga Naik 20 Persen

Foto: Situmeang, pedagang daging sapi dan kerbau di Pasar Sibolga, Selasa (24/5). Raymon/ST
SIBOLGA, SUARATAPANULI.COM –  Harga daging sapi dan kerbau yang dijual pedagang di Pasar Sibolga mencapai Rp120 ribu rupiah per kg. Padahal harga sebelumnya Rp100 ribu. Harga daging ayam potong pun turut naik Rp3.000 ribu per kg.

Menurut Situmeang, pedagang, sebelumnya harga itu merangkak naik menjelang Ramadhan. “Iya bang, naik semua harga daging,” katanya, Selasa (24/5).

Minimnya pasokan daging yang diterima dari distributor membuat para pedagang khawatir tidak sanggup memenuhi permintaan pasar, apalagi menjelang bulan suci yang sudah di depan mata. “Kalau kondisi ini terus berlanjut, maka kemungkinan harga daging sapi dan daging kerbau yang dijual pedagang akan terus melonjak,” tegasnya.

Sementara itu, harga jual daging ayam potong di pasar itu pun ikut naik. Saat ini per kg-nya dijual dengan Rp25 ribu-Rp26 ribu. Padahal harga sebelumnya Rp22 ribu. “Naiknya Rp3.000 ribu per kg,” kata Asman, pedagang.

Dijelaskannya, kenaikkan harga sudah terjadi sepekan lalu. Disebabkan pengiriman ayam potong dari distributor kepada pedagang mulai menurun, sehingga berdampak pada ketersedian stok pedagang ayam potong. “Kondisi itu bisa kembali memicu kenaikkan harga di tingkat pedagang,” tukasnya.

Editor: Mora