1 tahun lalu |24 Mei 2016 19:45 |1329 Pembaca

Perkantoran Bupati Humbahas Dibobol Pencuri, Rp11,4 Juta Kas BPBD Raib

Foto: Petugas Polres Humbahas saat melakukan olah TKP di Kantor BPBD yang dibobol pencuri, Selasa (24/5). Oka/ST
HUMBAHAS, SUARATAPANULI.COM – Pencuri menyatroni perkantoran Bupati Humbahas di Perbukitan Inspirasi Doloksanggul, Selasa (24/5) dini hari. Lima kantor satuan kerja, yakni Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Inspektorat, Bappeda, Asisten II, dan Bagian SDA, berhasil dibobol pelaku.

Pelaku masuk ke tiap perkantoran itu dengan merusak jendela dan jerejak besinya. Pelaku diperkirakan beraksi pada pukul 03.00 WIB. Meski tidak ada berkas dokumen penting yang hilang, tapi pencurinya berhasil mengasak uang kas milik BPBD sebanyak Rp11,4 juta. Uang itu disatroni pelaku dari laci meja kerja bendaharanya.

Kepala BPBD Humbahas Tumbur Hutagaol saat dikonfirmasi mengaku ia mengetahui peristiwa itu setelah menerima laporan dari pegawainya. “Saya sampai di kantor sekitar jam 07.45. Pegawai saya kemudian melaporkan bahwa ruangan bendahara sudah terbuka dan rusak. Kami periksa ke dalam, brankas besinya sudah rusak. Ada uang sekitar Rp11,4 juta yang hilang dari brankas itu. Lalu kami laporkan ke pimpinan dan ke pihak kepolisian,” bebernya.

Sementara itu, Wakil Bupati Humbahas Saut P Simamora saat dihubungi wartawan menyatakan pencurian itu diduga dilakukan oleh ‘orang dalam’ yang sudah mengenal perkantoran tersebut. “Tadi langsung kami cek ke lokasi. Ada 5 perkantoran yang dimasuki pencurinya,” tandasnya.

Saut menampik kalau aksi itu ada upaya pencurian data atau dokumen penting. Sebab berkas dan file di komputer yang ada di tiap kantor yang dibobol masih dalam keadaan utuh.

“Semua komputer dan file dokumen tidak terganggu. Jadi kecil kemungkinannya kalau si pelaku mau mencuri data atau dokumen. Saya yakin pelakunya berasal dari ‘keluarga’ kami,” kata Saut.

Terpisah, Kasat Reskrim Polres Humbahas AKP J Banjarnahor menyatakan pihaknya masih menyelidiki kasus pencurian ini. Selain olah tempat kejadian, pihaknya juga memintai keterangan dari beberapa saksi, petugas jaga malam dan pegawai kantor. “Melihat ada beberapa kantor yang dimasuki, mungkin pelakunya tidak 1 orang,” kata AKP J Banjarnahor.

Editor: Mora