1 tahun lalu |24 Mei 2016 20:28 |1284 Pembaca

Tapanuli Utara Pertahankan Opini WTP dengan SAP Akrual

Foto: Kepala Perwakilan BPK RI Sumut Ambar Wahyuni (tengah) bersama Bupati Taput Nikson Nababan (kanan) dan Ketua DPRD Taput Ottoniyer Simanjuntak menunjukkan penghargaan opini WTP yang baru diterima, di Medan, Selasa (24/5). Ist/ST

TAPUT, SUARATAPANULI.COM – Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) kembali meraih penilaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI. Penghargaan atas kinerja pengeloaan aset dan keuangan daerah TA 2015 itu diterima oleh Bupatinya Nikson Nababan dari Kepala Perwakilan BPK RI Sumatera Utara (Sumut) Ambar Wahyuni, di Medan, Selasa (24/5/2016).

Di Sumut, Taput juga termasuk kabupaten yang tercepat menyampaikan laporan keuangan. Kemudian mendapat opini WTP serta menjadi kabupaten pertama se-Sumut yang rampung pengauditan lembaran Hasil Pemeriksaan-nya (LHP).

“Ini kedua kalinya Tapanuli Utara memperoleh opini WTP sekaligus yang pertama kalinya atas Sistim Akutansi Pemerintahan (SAP) Akrual. Ini kemajuan yang layak diapresiasi. Saya berharap prestasi ini dapat dipertahankan di tahun berikutnya. Kuncinya tetap mengacu kepada peraturan yang sudah ditetapkan,” ujar  Ambar Wahyuni.

Sementara itu, Bupati Nikson Nababan menyampaikan terimakasih kepada BPK RI Sumut yang telah banyak memberikan perhatian, waktu, pemahaman, dan tenaga untuk membimbing Pemkab Taput melaksanakan sistim pelaporan keuangan yang semakin tepat.

“Saya bangga dan bersyukur. Tapi ini sekaligus menjadi beban tanggungjawab besar ke depan untuk mempertahankannya. Koordinasi yang baik antara tim BPK dan jajaran Pemkab Taput untuk mengarahkan pelaporan keuangan yang baik sudah membuahkan hasil,” kata Nikson.

Tak lupa Nikson pun mengapreasiasi jajaran SKPD-nya, khususnya kinerja dari Kepala Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan dan Aset James Simanjuntak serta Inspektur Matoras Taraja.

“Jangan lupa, ini juga beban tanggungjawab untuk mempertahankannya. Saya berharap para SKPD semakin semangat bekerja demi memberikan yang terbaik bagi masyarakat. Tapi jangan langsung berpuas diri, teruslah berusaha lebih baik lagi,” pesan Nikson.

Terpisah, Ketua DPRD Taput Ottoniyer Simanjuntak saat dihubungi melalui selulernya menyatakan turut bangga dan mengapresiasi raihan predikat WTP itu. “Dua tahun kepemimpinan Bupati Nikson Nababan, dua kali pula mendapat opini WTP. Itu sangat patut diapresiasi,” tukas Ottoniyer.

Saat penerimaan reward itu, turut juga dalam rombongan Pemkab Taput di antaranya, Kadispenloka James Simanjuntak, Inspektur Manoras Taraja, Sekwan Rahman Situmeang, dan Kabag Humas Donna Situmeang. (rel)
Editor: Mora