2 tahun lalu |25 Maret 2016 10:35 |1294 Pembaca

133 Polisi Diterjunkan, Ibadah Jumat Agung di Tapteng Hikmat

Foto: Unit patroli personel Polres Tapteng dalam pengamanan Jumat Agung di GNKP Kalangan, Pandan. Mora/SuaraTapanuli.Com

TAPTENG, SUARATAPANULI.COM- Sebanyak 133 personel Polres Tapteng disebar ke gereja-gereja mengamankan ibadah peringatan Jumat Agung. Selain berpola pengamanan terbuka di lokasi, ada juga personel yang berpatroli.

“Secara umum ibadah Jumat Agung berjalan hikmat. Semua aman dan kondusif, tidak ada gangguan,” ujar Kapolres Tapteng AKBP Bony JS Sirait saat dihubungi SuaraTapanuli.Com, Jumat (25/3) petang.

Ibadah peringatan kematian Isa Almasih ini umumnya digelar dua gelombang. Pertama ibadah mulai pagi sampai siang hari. Setelah istirahat, dilanjutkan dengan ibadah kedua hingga sore hari yang lebih fokus kepada peringatan detik-detik penyaliban Yesus.

“Tujuan pengamanan ini untuk menciptakan rasa aman dan nyaman bagi jemaat yang beribadah,” timpal AKBP Bony.

Selain personel, diturunkan juga kendaraan roda dua dan empat untuk berpatroli. Dalam hal ini Polres Tapteng juga didukung oleh personel TNI, pemuda gereja, dan organisai kepemudaan dengan kendali lapangan dipimpin oleh
Kompol Hia yang juga menjabat Wakapolres Tapteng.

“Sepedamotor ada 12 unit ditambah semua roda empat yang ada. Personel ada sebagian yang bersenjata api. Dan kita dibantu oleh TNI. Sebelumnya juga jajaran polsek sudah berkoordinasi dengan para pemuda gereja dan organisasi kepemudaan untuk bersama-sama menjaga keamanan saat ibadah,” tambah Bony.

Amatan di sejumlah gereja, para jemaat yang beribadah umumnya mengenakan pakaian berwarna hitam, sebagai bentuk berkabung. Jumat Agung merupakan peringatan yang dilanjutkan dengan hari kebangkitan Yesus pada Minggu pagi nanti.

Editor: Fredes