1 tahun lalu |26 Mei 2016 17:26 |920 Pembaca

Aek Sirahar Meluap, Barus Banjir Lagi

Foto: Pelajar SD di Barus, Tapteng melintasi genangan air dan terpaksa dipulangkan pihak sekolah karena banjir melanda lagi, Kamis (26/5). Harmen/ST

TAPTENG, SUARATAPANULI.COM – Intensitas hujan yang masih tinggi sejak sore kemarin hingga pagi Kamis (26/5)  pukul 05:30 WIB, membuat ratusan rumahnya di Kecamatan Barus, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) kembali terendam banjir. Luapan Sungai Aek Sirahar itu merendam pemukiman warga di Kelurahan Padang Masiang hingga ke Desa Pasar Terandam.

Meski belum ada laporan korban jiwa,
namun dampaknya cukup merepotkan warga. Salah satunya yakni pelajar di tepi sungai itu terpaksa dipulangkan, sebab seluruh ruang kelasnya digenangi air. Sementara di pemukiman, air mencapai ketinggian lutut orang dewasa. Sedangkan di jalan raya mencapai setinggi pinggang orang dewasa.

Ilham salah seorang siswa SD di kawasan itu mengakui, hujan deras disertai angin kencang melanda sejak Rabu (25/5) sore hingga Kamis (26/5) pagi tadi.

“Selain air masuk ke sekolah kami, rumah kami di Pasar Terandam juga banjir bang,” kata llham.

Sementara menurut Ranto Pasaribu (35), warga, air luapan sungai di kampungnya itu juga ditambah dengan naiknya pasang air laut. “Kami berharap perbaikan tanggul Sungai Aek Sirahar itu benar-benar dikerjakan, dan harus segera. Kami warga di sini sudah capek kena banjir terus. SungainAek Sirahar itu  dari dulu sampai sekarang belum bisa dinormalisasi,” sebut Ranto.

 

Editor: Mora