1 tahun lalu |26 Mei 2016 23:09 |943 Pembaca

Operasi Patuh Toba di Taput, Pelanggar Disidang di Tempat

Foto: Kapolres Taput AKBP Dudus HD (kanan) saat meninjau tenda persidangan di tempat dalam Operasi Patuh Toba 2016. Buea/ST

TAPUT, SUARATAPANULI.COM – Untuk mempermudah proses pembayaran denda terhadap pelaku pelanggaran lalulintas, Polres Tapanuli Utara (Taput) memberlakukan sidang di tempat. Proses hukum kilat itu dipraktekkan dalam Operasi Patuh Toba 2016 sejak Senin (23/5) kemarin.

Kapolres Taput AKBP Dudus HD melalui Kasubbag Humas Aiptu Walpon Baringbing kepada awak media menjelaskan sidang di tempat melibatkan hakim dari PN dan Kejari Tarutung yang diikutkan di lapangan saat petugas melakukan razia.

“Pengendara yang kena tilang langsung diproses sidang di tempat. Pelanggar kemudian membayar langsung biaya denda tilang di tempat sesuai dengan putusan hakim terhadap jenis pelangaran yang dilakukan. Dengan penerapan ini, akan memberikan kemudahan bagi pengguna jalan yang melanggar aturan lalulintas,” jelas Baringbing.

Disebut Baringbing, kebijakan penerapan sidang di tempat diberlakukan sesuai pengalaman selama operasi, ternyata banyak pengendara yang ditilang bukan warga Taput. “Saat itulah kemudahan itu terjadi, pengendara dari daerah lain tidak lagi repot untuk hadir di PN Tarutung mengikuti  sidang sesuai jadwal yang tertulis pada surat tilang,” beber Baringbing.

Sesuai data, 11 hari operasi berjalan, petugas sudah menindak sebanyak 866 Pelanggar, baik pengendara roda dua maupun roda empat  ke atas. Angka itu menunjukkan bahwa tingkat kesadaraan dan kepatuhan para pengendara masih minim.

“Untuk menekan angka pelanggaran dan meningkatkan kesadaran tertib berlalu-lintas itu, kami akan terus melakukan sosialisasikan peraturannya,” tandas Baringbing.

 

Editor: Mora