1 tahun lalu |26 Mei 2016 23:45 |609 Pembaca

Pemkab Humbahas Usul Pembentukan 3 Perusda Baru

Ilustrasi

HUMBAHAS, SUARATAPANULI.COM – Pemkab Humbahas berencana membentuk perusahaan daerah yang membidangi pertanian, pariwisata dan air minum. Draf usulan rancangan peraturan daerahnya telah disampaikan ke DPRD untuk dibahas.

“Tujuan utamanya untuk mendorong pertumbuhan perekonomian rakyat. Mudah-mudahan usulan ranperdanya itu dapat ditetapkan menjadi perda, agar bisa diaplikasikan mulai tahun depan,” ucap Kabag Humas Humbahas Osborn Siahaan saat dihubungi wartawan, Kamis (26/5).

Pembentukan ketiga perusda itu, sambung Osborn, merupakan kebutuhan dan telah melalui kajian akademik. Dimana perusda pariwisata nantinya untuk mengelola dan pengembangan pariwisata. Lalu perusda air minum untuk pengelolaan air minum dengan profesional. Dan  perusda pertanian tugasnya mulai dari menjamin ketersediaan pupuk bersubsidi dan bibit unggul untuk petani, hingga menangani pemasaran komoditi hasil pertanian.

Sementara itu, Anggota DPRD Humbahas Ramses Lumbangaol menyebutkan legislatif tengah membahas draf usulan ranperda pembentukan ketiga perusda tersebut. Namun belum dapat dijadwalkan penetapannya menjadi perda.

“DPRD tentunya akan mendukung setiap upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan PAD, kesejahteraan masyarakat, serta pembukaan lapangan kerja baru melalui pembentukan perusda baru itu,” ujar Ramses.

 
Editor: Mora