1 tahun lalu |27 Mei 2016 13:53 |1657 Pembaca

Panen Padi di Tapsel Hasilkan 9,1 Ton Per Hektar

Foto: Panen di Desa Panompuan Jae, Angkola Timur, Tapsel yang tiap hektarnya menghasilkan 9,1 ton gabah padi. DD/ST

TAPSEL, SUARATAPANULI.COM – Panen padi Koptan Padang Tonga dan Gapoktan Sepakat di Desa Panompuan Jae, Kecamatan Angkola Timur, Tapanuli Selatan (Tapsel) menuai hasil yang mengembirakan. Tiap 1 hektar sawah dengan bibit varietes Inpari 30 dan metode sistem jajar legowo 2:1 menghasilkan 9,1 ton gabah.

“Kita bangga hasil panen kali ini meningkat. Seterusnya kita tingkatkan lebih baik lagi,” ungkap Dandim 0212/TS Letkol Inf Septa Viandi yang ikut panen di lahan seluas 5 hektar yang merupakan binaan TNI itu, kemarin.

Dandim pun mengajak semua pihak terkait yang juga berperan dalam pembinaan kelompok petani untuk terus meningkatkan kinerja, demi mewujudkan program ketahanan pangan nasional. “Ini juga berkat kerjasama yang baik antara petani, instansi terkait, dan petugas penyuluh lapangan. Kiranya sinergitas dapat terus ditingkatkan,” katanya.

Sementara itu Kepala BP2KP Tapsel Baduaman Siregar mengatakan, demonstrasi farmer (denfarm) kerjasama kelompok tani dan TNI ini bisa dijadikan sebagai lahan penangkaran. Dari lahan itu nantinya akan menghasilkan bibit padi unggul. “Lahan ini bisa jadi lokasi penyedia atau penangkaran benih unggul untuk kemudian disebar ke petani lainnya di Tapsel,” sebutnya.

Turut serta memanen, Wakil Bupati Tapsel Aswin Effendi Siregar, Dirjen Kementan RI Ali Jamil Harahap, Danramil 18/Pargarutan Kapten Inf Absoru, Kadis Pertanian Tapsel Bismark Siregar, Kabulog Padangsidimpuan Jajat Sudrajat, PPL Darwin Harahap, Camat, Kepala Desa, dan para anggota kelompok tani.

 

Editor: Mora