1 tahun lalu |27 Mei 2016 22:44 |1304 Pembaca

Pasar Doloksanggul Kian Semrawut!

Foto: Pedagang kaki lima tampak menggelar lapaknya hingga menyesak ke badan jalan di Pasar Doloksanggul, Humbahas, Jumat (27/5). Oka /ST

HUMBAHAS, SUARATAPANULI.COM – Pasar Doloksanggul, Humbahas, semakin semrawut. Pedagang kaki lima sembarangan membuka lapak, bahkan hingga memakai badan jalan. Dampaknya kemacetan sering tak terhindarkan. Kondisi itu pun dikeluhkan pengunjung dan pengendara.

Amatan di lokasi, Jumat (26/5), titik kesemrawutan mulai dari Jalan RSUD Doloksanggul-Jalan Melanton Siregar-simpang Bank Sumut-kawasan Bank BRI Doloksanggul.

“Kesemrawutannya bertambah parah terus. Para pedagang sesuka hati membuka lapaknya. Jalan yang harusnya untuk pengunjung dan kendaraan, sekarang jadi sempit,” ujar Roma Lumbantoruan (41), pengunjung.

Pengunjung lainnya berharap pihak terkait, baik pengelola pasar, petugas satpol PP, maupun dinas perdagangan bertindak melakukan penertiban. Sebab jika dibiarkan, pedagang akan semakin merajalela.

“Kan ada pengelola pasar, ada satpol PP, ini tugasnya. Kalau seperti ini kondisinya, pengunjung dan pengendara pun tidak nyaman, sumpek!,” ujar seorang wanita paruh baya sambil menenteng barang belanjaannya.

Namun ketika disambangi awak media, beberapa pedagang yang menggelar lapaknya di badan jalan mengaku terpaksa karena tidak mendapatkan lapak di dalam pasar. Bahkan ada yang mengakui sudah berlapak di lokasi itu sejak beberapa tahun lalu.

“Kami mau pindah ke dalam asalkan diberi tempat. Ini kan karena tidak ada lagi lapak di dalam,” ujar seorang ibu pedagang sayuran.

 

Editor: Mora