1 tahun lalu |28 Mei 2016 13:01 |1280 Pembaca

Cuaca Bikin Harga Ikan di Sibolga-Tapteng ‘Tak Bersahabat’

Foto: Aktifitas perdagangan ikan di Pasar Pandan, Tapanuli Tengah. Harmen/ST

SIBOLGA, SUARATAPANULI.COM – Harga ikan di Kota Sibolga dan Tapanuli Tengah (Tapteng) mengalami kenaikan yang cukup signifikan sejak sepekan terakhir. Penyebabnya cuaca buruk yang membuat hasil tangkapan nelayan menurun. Hal itu diakui pedagang di tangkahan pembongkaran ikan di kawasan Pondok Batu Kecamatan Sarudik Tapanuli Tengah dan di Jln KH Ahmad Dahlan Kota Sibolga, Sabtu (28/5/2016).

“Naiknya harga ikan ini dipicu cuaca buruk ditambah musim terang bulan baru saja lewat. Aktifitas penangkapan ikan nelayan ikut terganggu. Pasokan ikan pun menurun,” ujar Gusnadi, pedagang dan pengirim ikan dari tangkahan ikan di Pondok Batu.

Biasanya Gusnadi mengirim ikan ke beberapa kota di Sumut, lalu ke Riau dan Sumatera Barat. Karena tangkapan sedikit, harga ikan melambung.‬ ‪Seperti aso-aso sekarang Rp29.000 per kg dari sebelumnya Rp15.000-Rp16.000. Gambolo kuring harganya bahkan melejit hingga Rp30.000 per kg dari sebelumnya Rp18.000-Rp22.000.

“Begitu juga untuk jenis ikan ogak. Semua jenis ikan itu yang biasanya saya kirim dan dikonsumsi masyarakat,” kata Gusnadi.

Foto: Aktifitas bongkar muat ikan di tangkahan di Pondok Batu, Sarudik, Tapanuli Tengah. Harmen/ST Foto: Aktifitas bongkar muat ikan di tangkahan di Pondok Batu, Sarudik, Tapanuli Tengah. Harmen/ST

Gusnadi mengaku sudah bertahun-tahun berdagang ikan. Hampir setiap hari ia mengumpulkan ikan dari beberapa tangkahan di kawasan Pondok Batu. ‪Disebutkannya, lonjakan harga ikan belakangan sering tidak terkendali.

“Apalagi sekarang kapal-kapal besar, seperti pukat ikan, sudah tidak beroperasi lagi karena larangan dari kementerian perikanan kelautan. Sementara tangkapan kapal-kapal kecil maupun tradisional kan tidak seberapa, makanya pasokan ikan menjadi sangat sedikit dan harga pun terpengaruh,” ujarnya.‬

‪Hal senada dikatakan Abdul Nasution, pedagang dan pengirim ikan yang juga pelanggan ikan dari beberapa tangkahan ikan yang ada di kawasan tangkahan Jalan KH Ahmad Dahlan atau Jalan Baru, Kota Sibolga.

‪Pantauan di beberapa tangkahan ikan di kawasan itu nampak aktifitas bongkar ikan dari kapal masih berlangsung, walau hanya sedikit saja. “Dari beberapa tangkahan ikan yang ada, hanya satu dua saja yang membongkar,” katanya.

Editor: Mora