2 tahun lalu |26 Maret 2016 02:03 |1192 Pembaca

Bersepeda Jelajahi Alam Danau Toba 

Foto: Ilustrasi/int

SUARATAPANULI.COM- Promosi Danau Toba menjadi salah satu destinasi pariwisata bertaraf internasional terus dilakukan. Salah satunya melalui even ‘Geo Bike Kaldera Toba 2016’ pada 8-10 April nanti. Sambil menggoes sepeda, para peserta dapat menikmati panorama alam danau yang mirip alam Switzerland (Swiss) itu.

Disemarakkan dengan Panggung Budaya di beberapa titik, seperti di Silalahi (Kabupaten Dairi), Parapat (Kabupaten Simalungun), Balige (Kabupaten Tobasa), Muara (Kabupaten Tapanuli Utara) dan Pangururan (Kabupaten Samosir).

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Rumah Karya Indonesia, Jendela Toba, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan dinas terkait berkerjasama dengan pemerintah kabupaten se-kawasan Danau Toba. Tujuannya sebagai upaya untuk pengenalan budaya lokal.
‪Selain pengenalan Budaya harapannya pelaku budaya di seputaran Danau Toba terlibat aktif dalam even ini agar dapat meningkatkan ekonomi kreatif  masyarakat.

Koordinator Peserta Hanna Taringan mengatakan, Geo Bike Kaldera tahun ini mendapat atensi yang sangat besar. Itu terlihat banyaknya peserta yang terlibat. Bukan hanya dari Sumatera Utara saja, banyak juga berasal dari Bandung, Jogjakarta, Jakarta, Batam, Kalimantan, dan Aceh. Ada juga peserta dari negeri tetangga, seperti dari Malaysia, Thailand, dan Singapura.

Sementara Manager Pelaksana Even Ojax Manalu menyebutkan, kelak even ini akan dibuat bertaraf internasional. Namun dibutuhkan dukungan pemerintah daerah untuk saling bersinergi dalam pelaksanaan kegiatan ini.

Irwansyah Harahap selaku Ketua Jendela Toba menambahkan, Geo Bike Kaldera ini sebagai upaya mendorong Danau Toba untuk ditetapkan menjadi anggota Global Geopark Network (GGN) UNESCO.

Diolah oleh: Redaksi