1 tahun lalu |30 Mei 2016 19:15 |991 Pembaca

Satpol PP Sibolga Bongkar Puluhan Kios di Tepi Jalan

Foto: Petugas Satpol PP Sibolga saat menertibkan kios pedagang yang menggelar lapak di jalan protokol, Senin (30/5). Raymon/ST
SIBOLGA, SUARATAPANULI.COM
Puluhan kios yang berada di jalan-jalan protokol di Kota Sibolga dibongkar petugas Satpol PP, Senin (30/5). Petugas juga menertibkan puluhan pedagang yang berjualan pakai gerobak sorong untuk pindah ke sejumlah jalur alternatif yang telah ditentukan oleh Pemko Sibolga.
“Sebelum dilakukan pembongkaran, kami telah mengirimkan surat kepada pemilik kios,” ujar Patar Siahaan, Pelaksana Tugas KTU Satpol PP Kota Sibolga.Kios-kios yang dibongkar diantaranya di Jalan M Sitorus, Jalan Agus Marpaung, Jalan Maraden Panggabean, Jalan Zainul Arifin, dan di Jalan Yos Sudarso. Pembongkaran itu sesuai amanat Perda Kota Sibolga Nomor 4 tahun 1995 tentang pelarangan berjualan di lokasi badan jalan. “Jadi tidak asal bongkar saja,” jelasnya.

Jika ada pedagang yang masih membandel dengan membangun kembali kiosnya serta tetap berjualan dengan menggunakan gerobak sorongnya, lanjut Patar, pihaknya akan memberikan sanksi. “Jika membandel maka seluruh barang dagangannya akan kami angkut,” tegasnya sembari berharap agar sanksi itu jangan sampai terpaksa dilakukan.

Untuk mengantisipasi, petugas Satpol PP akan disiagakan di jalur-jalur utama tersebut. Tindakan ini diharapkan memberi ketegasan kepada para pedagang agar teratur menggelar lapaknya, sehingga tidak timbul kesemrawutan atau memicu kemacetan lalulintas.

“Waktu berjualan bagi pedagang telah ditentukan yakni mulai dari pukul
08.00 WIB hingga 17.00 WIB,” ujarnya.

Editor: Mora