1 tahun lalu |30 Mei 2016 20:03 |810 Pembaca

Jamil Telepon Walikota Soal Pendangkalan Muara Ujung Sibolga

Foto: Jamil Zeb Tumori bersama sahabatnya musisi El Ritonga saat meninjau Muara Ujung Sibolga yang mendangkal, Senin (30/5). Mora/ST

SIBOLGA, SUARATAPANULI.COM РMenindaklanjuti informasi keluhan warga atas mendangkalnya Muara Aek Doras-Pantai Ujung Sibolga, Wakil Ketua DPRD Sibolga Jamil Zeb Tumori langsung turun ke lokasi, Senin (30/5). Setelah melihat kondisinya, politisi Golkar itu langsung menghubungi Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk.

“Tadi langsung saya hubungi Pak Walikota, supaya Dinas LHKP menurunkan alat berat untuk mengeruk pasir di muara ini. Tapi karena Kepala Dinasnya sedang berkabung, orangtua beliau meninggal dunia, mungkin besok atau lusa baru alat berat diturunkan,” kata Jamil di lokasi.

Jamil yang membawa sahabatnya El Ritonga, musisi mantan punggawa ‘Ada Band’, mengungkapkan, pendangkalan muara Sungai Aek Doras itu dikeluhkan warga sekitar telah memicu naiknya permukaan air. “Warga tadi mengeluh, rumah mereka kebanjiran. Seperti kita lihat, memang kalau muara ini tidak dikeruk, maka ketika hujan lagi, airnya akan menggenangi rumah warga,” kata Jamil.

Amatan di lokasi, sejumah warga sekitar berusaha membuka jalur air di tengah timbunan pasir, dengan peralatan cangkul dan skop seadanya. Tumpukan sampah rumahtangga berupa plastik, dahan kayu tampak berserakan di permukaan pasir.

Sementara akibat pendangkalan, debit dan permukaan air di hilir sungai yang membelah Kota Sibolga itu tampak lebih tinggi dari normalnya. Banjir yang menggenangi rumah warga sekitar juga dipicu intensitas hujan yang cukup tinggi dalam sepekan terakhir.

 

Editor: Raymon