1 tahun lalu |31 Mei 2016 18:48 |907 Pembaca

Orsepto, Wadah Kreasi Entertainer & Seniman Humbahas

Foto: Ketua Orsepdo Humbahas Henry Siahaan memperlihatkan foto karya fotografer lokal. Istimewa/ST

HUMBAHAS, SUARATAPANULI.COM – Pelaku usaha entertaimen dan  seniman di Humbahas membentuk komunitas baru bernama Orsepdo. Organisasi ini adalah wadah pengembangan kreatifitas serta pembangunan sinergitas antar pelaku dunia entertaimen dan kesenian.

Peresmian Orsepdo dirangkai dengan pameran fotografi, pameran peralatan studio entertaimen di Kantor Orsepdo Humbahas di Jalan Melanthon Siregar, Doloksanggul, Selasa (31/5).

Ketua Orsepdo Humbahas Henry Siahaan mengatakan, selama ini pengembangan kreatifitas seniman dan persaingan usaha entertaimen sering berbenturan. Sehingga banyak karya yang dipasarkan dengan pola yang keliru. Maka komunitas ini dibentuk.

“Tujuan awalnya untuk mengakomodir bakat-bakat entertaimen dan kesenian di
daerah. Serta menggiringnya dalam pengembangan yang positif. Selanjutnya
kita berupaya mengakomodir pengembangan tersebut untuk kesejahteraan tiap pelaku kesenian dan usaha entertaimen, sehingga mampu menjadi pendorong perekonomian bagi anggotanya,” terangnya.

Henry mengatakan di Orsepdo nantinya akan dilakukan berbagai pendidikan
pengembangan kreatifitas dengan memaksimalkan sumberdaya manusia lokal. Seperti pembinaan kesenian, pembinaan fotografi, pembinaan sinematografi, dan pembinaan dunia entertaimen lainnya seperti tata acara dan manajemen kegiatan.

“Harapan kita ke depan pelaku seni dan entertainer di daerah ini semakin baik. Karena Orsepdo sudah memberikan ruang kreasi baru, mulai dari studio musik tradisi, studi musik modern, pelatihan fotografi dan sinematografi, serta berbagai pelatihan pengembangan lainnya,” paparnya.

Mewakili DPRD Humbahas, David Maulai mengatakan, organisasi adalah
sebuah wadah untuk mencapai tujuan bersama. Dengan adanya Orsepdo, maka pelaku entertaimen dan pelaku seni di Humbahas dapat lebih baik lagi.
Termasuk dari aspek sumberdaya manusia maupun dari sumberdaya pendukung lainnya. Seperti ruang belajar, ruang berkreasi, dan ruang pemasaran.

Namun di sisi lain, kata David, para pelaku usaha entertaimen dan seniman yang tergabung di Orsepdo juga harus memahami bahwa pengembangan dunia usaha tidak lepas dari tolak ukur kebutuhan konsumen.

“Kita dari legislatif mendukung segala bentuk pengembangan yang dilakukan Orsepdo Humbahas ke depan,” ujarnya. (ril)
Editor: Mora