1 tahun lalu |31 Mei 2016 19:15 |815 Pembaca

Kasus Patung Yesus, Polisi Tunggu Audit Ahli USU

Ilustrasi proses hukum. Dok/ST

TAPUT, SUARATAPANULI.COM – Kapolres Taput AKBP Dudus HD melalui Kepala Subbag Humas Aiptu Walpon Baringbing menjelaskan, proses penyidikan dugaan korupsi Patung Yesus tinggal menunggu hasil audit kontruksi tim ahli dari Universitas Sumatera Utara (USU).

“Penyidikan masih menunggu hasil audit kontruksi ahli USU. Segera setelah hasil audit diterima, tindaklanjut penyidikan akan segera dilakukan,” terang Baringbing kepada awak media saat dipertanyakan kelanjutan kasus yang tak kunjung ada titik terang itu, di Tarutung, Selasa (31/5).

Disebutkannya, jika hasil audit nanti diterima, pihaknya segera akan memintai keterangan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) terkait harga barang yang sudah terpasang.

“Hal itu merupakan pemeriksaan penting untuk mengetahui harga bahan yang sudah terpasang di badan patung. Sebab, hanya lembaga tersebut yang bisa memaparkan detail harga bahan yang telah terpasang,” ujarnya.

Selanjutnya, tahap penyidikan akan menyurati Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) sebagai lembaga  berwenang dalam penghitungan kerugian keuangan negara.

Sebelumnya, saat ahli USU diturunkan untuk penelitian fisik Patung Yesus, belum lama ini, mereka telah membawa sejumlah sample tembaga yang menutupi sebagian badan patung bermasalah itu.

Kanit Tipikor Ipda Amlan yang menemani tim ke lokasi di Perbukitan Pea Tolong, Kecamatan Siatasbarita, mengakui tim ahli USU melakukan penelitian secara intensif di lokasi.

“Mereka (ahli USU) membawa sample tembaga yang menutupi kerangka bangunan. Selebihnya, saya kurang begitu detail karena mereka bekerja tanpa kita intervensi,” ungkapnya kepada wartawan belum lama ini.

Sebelumnya, penyidik mengendus dugaan korupsi pembangunan patung berbiaya Rp6 miliar lebih yang dikerjakan PT Kreasi Multi Porang pada tahun 2013 tersebut. Indikasinya ada ketidaksesuaian spesifikasi.

Editor: Mora