1 tahun lalu |1 Juni 2016 16:22 |1962 Pembaca

Pelabuhan ASP Sibolga di Aek Manis Resmi Beroperasi

Foto: Kawasan Dermaga Pelabuhan ASP Sibolga di Jln KH Ahmad Dahlan, Aek Manis, Sibolga Sambas, Kota Sibolga yang resmi dioperasikan, Rabu (1/6). Marihot Simamora/ST

SIBOLGA, SUARATAPANULI.COM РPelabuhan Angkutan Sungai dan Penyeberangan (ASP) Sibolga di Jalan KH Ahmad Dahlan, Aek Manis, Kecamatan Sibolga Sambas, diresmikan pengoperasiannya oleh Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub RI, Rabu (1/6). Diharapkan keberadaan pelabuhan senilai Rp35 miliar (dari APBN) itu mampu memperlancar mobilitas transportasi masyarakat antara Pulau Sumatera dengan Pulau Nias.

“Sesuai renstra Kementerian Perhubungan, salah satu wujud pembangunan infrastruktur adalah pembangunan pelabuhan penyeberangan di Sibolga, Sumut,” kata Dirjen Perhubungan Kemenhub RI yang diwakili Kasubdit Pelabuhan Hardi, saat peresmiannya, Rabu (1/6).

Dijelaskannya, Sibolga merupakan daerah penyangga terdekat dengan Pulau Nias (Kota Gunungsitoli) dengan jarak 86 mil laut. Jarak itu membutuhkan konektifitas tranposrtasi dan logistik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sehari-hari.

“Untuk mengatasi masalah yang ada, maka salah satu langkah yang diambil pemerintah adalah dengan membangun dan mengoperasikan pelabuhan penyeberangan di Sibolga dan Kota Gunungsitoli,” ujarnya.

Dijelaskannya, penyeberangan antar pulau itu akan dilayani oleh milik PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) setiap hari, yakni KMP Belanak dan KMP berkapsitas angkut 22 unit kendaraan campuran dan 340 penumpang, dan KM Manumbing Raya berkapasitas angkut 19 unit kendaraan campuran dan 202 penumpang. Ditambah kapal dari pengusaha swasta seperti milik PT Wira Jaya Logitma (WJL) Lines Sibolga, dan lainnya.

Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk di kesempatan itu menyatakan pelabuhan baru peralihan dari Pelabuhan Sambas itu untuk sementara dikelola oleh Dishubinfokom Sibolga. Ke depan, Pemko akan terus berupaya membenahi fasilitasnya hingga memikirkan perluasan kawasan pelabuhan.

“Kami akan terus melakukan pembenahan fasilitas secara bertahap, seperti lampu, air, areal parkir, atap dermaga, dan mudah-mudahan bisa penambahan dermaga dan perluasan areal parkirnya,” ujarnya.

Walikota juga meminta agar masyarakat dan pelaku usaha tangkahan ikan di sekitar agar ikut mendukung kelancaran operasional pelabuhan ini. “Saya meminta tolong dengan sangat. Kapal ikan jangan sampai ada yang mengganggu, juga aktifitas bongkar muat ikan di jalan ke pelabuhan ini,” pesan Walikota.

Peresmian operasional itu ditandai dengan penekanan tombol sirene pembukaan kain selubung plank pelabuhan, dan penyerahakan surat penglolaan dari Dirjen Perhubungan Darat kepada Pemko Sibolga. Sementara pada Rabu (1/5) pagi tadi KM Manumbing Raya dari Kota Gunungsitoli telah melabuh di pelabuhan tersebut. Dan nanti malam, Walikota Sibolga akan melepas keberangkatan perdana kapal tersebut kembali ke Pelabuhan Gunungsitoli.

 

Editor: Raymon