1 tahun lalu |3 Juni 2016 08:02 |659 Pembaca

Jaga Stabilitas Harga, Pemko Sibolga Siapkan Operasi Pasar Dadakan

Foto: Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk saat meninjau Pasar Sibolga Nauli untuk memastikan stabilitas harga dan ketersediaan stok di tingkat pedagang. Raymon/ST

SIBOLGA, SUARATAPANULI.COM – Pemko Sibolga telah siap manakala sewaktu-waktu terjadi kenaikan harga bahan kebutuhan pokok di pasar. Jurusnya menggelar operasi pasar dadakan untuk menjaga stabilitas harga.

“Operasi pasar akan digelar pemerintah bila sewaktu-waktu terjadi gejolak harga maupun kelangkaan di pasar, baik itu saat bulan Ramadhan atau menjelang Lebaran nanti,” ujar Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk saat meninjau Pasar Sibolga Nauli, Kamis (2/6).

Walikota menyatakan, untuk saat ini atau beberapa hari jelang masuknya bulan puasa, harga bahan pokok di pasar masih relatif stabil. Adapun kenaikan namun tidak siqnifikan. Dan persediaan barang di tingkat pedagang masih mencukupi hingga pertengahan bulan ini.

“Harga sembako masih relatif normal, tidak mengalami kenaikkan harga yang
tinggi,” ujar Syarfi yang didampingi Wawako Sibolga Edi Polo Sitanggang dan sejumlah pimpinan SKPD.

Meski diakui Walikota, hanya beberapa komoditas saja yang mengalami penurunan harga, diantaranya bawang, tomat dan cabai merah. Sementara sayuran dan daging mengalami kenaikan karena tingginya permintaan pembeli di momen jelang bulan puasa.

“Kalau harga beras, gula pasir, minyak goreng, dan tepung terigu itu masih normal. Bawang, cabai dan tomat yang harganya turun. Yang agak sedikit naik adalah sayuran antara Rp1.000–Rp2.000. Kemudian yang naik juga daging kerbau dan sapi, berkisar Rp20.000, dimana sekarang harganya menjadi Rp120.000 per kg, dari sebelumnya Rp100.000,” sebutnya.

 

Editor: Mora