1 tahun lalu |4 Juni 2016 13:06 |1177 Pembaca

Selamat Jalan Muhammad Ali

Foto: Muhammad Ali pada masa keemasannya sebagai juara dunia tinju kelas berat. Int

ARIZONA, SUARATAPANULI.COM РPetinju kelas berat legendaris dunia, Muhammad Ali, meninggal, Sabtu (4/6) waktu Indonesia. Ali wafat di usia 74 tahun akibat penyakit sindroma parkinson yang dideritanya selama 12 tahun.

Juru bicara keluarga Ali, Bob Gunnell mengumumkan kepergian petinju paling populer pada era 1960-1970-an itu. “12 tahun dia berjuang menlawan sindroma parkinson,” tutur Bob Gunnell kepada wartawan.

Sebelumnya pada awal pekan lalu, Ali sempat dilarikan ke sebuah rumahsakit di Phoenix, Arizona. Dia mengalami gangguan pernafasan. Beberapa hari dirawat, kondisnya kian memburuk.

Foto: Muhammad Ali bersama Mike Tyson pada tahun 2015 lalu. Int Foto: Muhammad Ali bersama Mike Tyson pada tahun 2015 lalu. Int

 

Mantan juara dunia bernama asli Cassius Clay itu merupakan kelahiran Kentucky 1942. Ali menyandang gelar juara dunia pada tahun 1964. Tapi gelarnya itu sempat dicopot karena ia menolak ikut wajib militer pada tahun 1967.

Setelah sanksi itu berakhir pada 1970, Ali kembali naik ring. Dan pada tahun 1974, ia berhasil merebut kembali gelar juara dunia dengan mengalahkan George Foreman di Kinshasha, Zaire.

Kemudian pada tahun 1978, Ali sempat kehilangan gelarnya karena dikalahkan Leon Spinks, namun direbutnya kembali setelah dinyatakan menang dalam pertarungan ulang keduanya. Tiga tahun kemudian, petinju yang dijuluki “The Greatest of All Time” itu menyatakan pensiun dari dunia tinju profesional. (int)

 

Editor: Mora