1 tahun lalu |8 Juni 2016 16:41 |887 Pembaca

Horeee… Walikota Sibolga Izinkan Pedagang Asongan Masuk Kapal

Foto: Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk saat memimpin pertemuan dengan para pedagang, agen dan buruh kapal di Pelabuhan ASP Sibolga, Rabu (8/5/2016).‬ Istimewa Dok/ST

SIBOLGA, SUARATAPANULI.COM – Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk memutuskan memberi izin kepada para pedagang asongan dan penumpang membawa barang curah ke dalam kapal milik PT ASDP Ferry Indonesia (Persero) yang berlabuh di Pelabuhan ASP Sibolga. Tapi, Walikota meminta agar semua mematuhi peraturannya yang akan dibuat oleh Dishubinfokom Sibolga selaku pengelola pelabuhan baru itu, demi ketertiban umum.

“Setelah diskusi ini, saya mengambil keputusan para pedagang yang awalnya tidak diperkenankan masuk ke kapal, mulai hari ini dipersilahkan, dengan syarat harus mengikuti prosedur yang telah ditentukan oleh pengelola pelabuhan,” tandas Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk saat memimpin pertemuan bersama para pedagang, agen, dan buruh pelabuhan di pelabuhan, Rabu (8/6/2016)‬.

Walikota juga menyatakan, persoalan barang curah, pengelola harus mengatur jenis barang yang diperbolehkan dan tidak diboleh dibawa oleh penumpang. Dan kepada agen mobil angkutan, Walikota meminta kepada pihak Organda untuk menunjuk travel yang benar-benar standby dan tidak berlaku curang mempermainkan penumpang. “Dan para operator bis agar komit menciptakan rasa kenyamanan dan keamanan penumpang yang memakai jasa pelabuhan ini,” timpal Walikota.

Mendengar keputusan itu, puluhan pedagang asongan yang ikut dalam pertemuan itu langsung bertepuk tangan kegirangan. “Hore… Terimakasih Pak Wali,” ucap beberapa pedagang asongan.

Adapun gambaran soal peraturan yang akan dibuat pengelola, seperti pengaturan waktu kapan pedagang asongan boleh naik dan turun dari kapal, syarat pendataan dan atribut pedagang asongan, serta batasan dan cara pengemasan barang curah.

Persoalan pedagang asongan dan barang curah memang mulai muncul sejak pelabuhan yang berada di Jalan KH Ahmad Dahlan, Kelurahan Aek Manis, Kecamatan Sibolga Sambas itu diresmikan pengoperasiannya sepekan lalu.

‪Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Sibolga Jamil Zeb Tumory yang getol memperjuangkan nasib para pedagang turut mengapresiasi keputusan pemberian izin tersebut. “Saya berterimakasih atas kebijaksanaan Walikota, semoga ini berdampak positif,” tutur Jamil.

 

Editor: Mora