1 tahun lalu |10 Juni 2016 18:15 |776 Pembaca

Coba Tebak, Ini Jalan atau Kolam?

Foto dijepret pada Jumat (10/6/2016) petang. Marihot Simamora/ST

TAPTENG, SUARATAPANULI.COM – Jika Anda sudah melihat foto di atas, coba tebak, itu jalan atau kolam? Hmm… kalau jalan kok mirip kolam. Tapi kalau itu kolam, masa letaknya di badan jalan.

So, dari pada pusing, jawaban yang tepat adalah itu genangan air yang sudah mirip seperti kolam di ruas Jalan HBD Rajab Simatupang di Kelurahan Sibuluan Nauli, Kecamatan Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumut. Warga sekitar menyatakan kondisi tersebut sudah bertahun.

Di sepanjang ruas jalan ringroad dari Simpang Tugu Ikan Sibuluan ke Terminal Terpadu Pandan itu, Jumat (10/6) petang, ada 3 titik kerusakan terparah. Dua diantaranya digenangi air dengan permukaan jalan yang bergelombang. Pada saat musim kemarau ketinggian airnya mencapai 20 centimeter. Kalau pas hujan, ketinggian genangan bisa mencapai 50-60 centimeter.

“Oh…! Coba bapak lewat pas hujan atau habis hujan, itu airnya bisa selutut orang dewasa, pengendara takut lewat,” kata Abdul Hasibuan, warga sekitar.

Foto dijepret pada Jumat (10/6/2016) petang. Marihot Simamora/ST Foto dijepret pada Jumat (10/6/2016) petang. Marihot Simamora/ST

 

Amatan, selain berasal dari air hujan, genangan air itu berasal dari tumpahan parit di sisi jalan. Ditambah permukaan badan jalan yang rendah. Genangan air berbentuk elips berdiameter sekitar 5-10 meter.

Sementara itu sebelumnya, Kadis Pekerjaan Umum Tapanuli Tengah Harmi Marpaung saat dikonfirmasi wartawan menyebutkan perbaikan jalan itu sudah ditampung di APBD tahun ini.

Editor: Mora