1 tahun lalu |13 Juni 2016 21:00 |1232 Pembaca

Truk Cangkang dan Supirnya Masuk Jurang di Siatasbarita

Foto: Truk cangkang kelapa sawit yang terbalik dan masuk ke jurang di Jalinsum Pansurnapitu, Siatasbarita, Tapanuli Utara, Senin (13/6) sore. Buea/ST

TAPUT, SUARATAPANULI.COM –  Truk tronton pembawa cangkang kelapa sawit terjun ke jurang sedalam 20 meter di Jalinsum Tarutung-Padangsidimpuan Km 8 Desa Pansurnapitu, Kecamatan Siatasbarita, Tapanuli Utara, Senin (13/6) sekira pukul 16.30 WIB.‬ Truk naas itu oleng lalu berguling-guling ke dalam jurang setelah berusaha menghindari senggolan saat berpapasan dengan bus penumpang berbadan besar.

Sopir truk, Ishak Pasaribu, warga Pasaman Timur, Kota Padang, Sumbar, yang ikut terbawa ke jurang mengalami patah tangan dan luka serius pada kakinya. Sementara kernetnya Rahmat Wijaya (23), juga warga Pasaman Timur, selamat karena sudah sempat melompat ke luar.

Saksi mata yang juga warga sekitar Joni Panggabean (36) dan Tomi Panggabean (40) menyebutkan truk terjatuh perlahan usai berpapasan dengan bus penumpang. Kernetnya selamat karena sempat turun mencari batu untuk mengganjal ban depannya.‬

‪”Mungkin karena muatan yang berlebihan serta rem yang tidak kuat, truk itu oleng lalu jatuh ke jurang,” tutur Joni.

Truk bernomor polisi BK 9888 DL itu datang dari arah Sipirok menuju Medan. Sebelum berhenti di lereng jurang, truk naas itu sempat berguling 3 kali. Cangkang muatannya pun berhamburan ke luar, dan baknya rusak parah.

“Kernetnya sudah tahu truk oleng, makanya dia langsung melompat ke luar sambil berusaha mencari batu pengganjal ban depan. Sementara supirnya ikut terbawa ke jurang, patah tangannya, kakinya luka-luka,” terang Joni lagi.

Saat itu, tambah Joni, cuaca sedang gerimis. Arus kendaraan dari kedua arah berlawan di jalur itu sempat terganggu dan macet. Selain pengendara, ratusan warga juga berduyun datang ke lokasi untuk melihat kondisi truk itu. Petugas Satlantas kemudian tiba di lokasi dan mengatur arus lalu lintas.

‪Kapolres Tapanuli Utara AKBP Dudus HD melalui Kasubag Humas Aiptu Walpon Baringbing menyebutkan, dari keterangan sementara bahwa truk itu di posisi kiri beram jalan ke arah Kota Tarutung. Penyebabnya diduga kondisi rem yang blong. Sementara dengan muatan yang berat dan jalan sempit, akhirnya truk oleng dan masuk ke jurang pada sisi kirinya.

‪“Tidak ada korban jiwa, tapi sopirnya luka-luka dan sudah dievakuasi ke RSUD Tarutung. Truk itu bermuatan cangkang buah kelapa sawit,” terang Baringbing.

Editor: Mora