2 tahun lalu |27 Maret 2016 08:11 |1602 Pembaca

Ribuan Warga Taput Rayakan Paskah Dengan Pawai Obor

TAPUT, SUARATAPANULI.COM – Menyambut hari raya Paskah, ribuan umat Nasrani di Tapanuli Utara (Taput) mengikuti pawai obor di Lobu Pining, Kecamatan Adiankoting, Minggu (27/3) dini hari. Pawai dimulai pukul 04.30 WIB.

Foto: Kebaktian subuh di monumen Munson-Lyman.by: buea Foto: Kebaktian subuh di monumen Munson-Lyman.by: buea

Warga bersama dengan Bupati Taput Nikson Nababan, Ketua DPRD Taput Ottoniyer Simanjuntak, berjalan sepanjang 2 kilometer dari pusat desa menuju Monumen Makam Munson Lyman. Di lokasi ini rombongan kemudian melaksanakan ‘Buha-buha Ijuk’ dan kebaktian.

Foto: Foto bersama di monumen Munson-Lyman. By: buea Foto: Foto bersama di monumen Munson-Lyman. By: buea

‪Bupati Nikson Nababan mengatakan, kegiatan ini merupakan momen penting bagi umat Kristen dalam memperingati peristiwa tersalibnya Tuhan Yesus untuk menebus manusia dari dosa.

‪Ini kedua kalinya Taput mengadakan perayaan serupa lokasi.

‪”Ini juga momentum bagi kita untuk menghargai dan mengenang sejarah masuknya agama Kristen ke daerah kita. Dimana Munson-Lyman mati martir untuk menyelamatkan bangso Batak dari kegelapan,” ujar Nikson Nababan.

‪Masyarakat Batak harus menghargai sejarah agar menjadi bangsa yang besar, masyarakat yang maju dan menghargai setiap perjuangan pendahulu kita bagi Bangso Batak.

‪“Saya mempelajari sejarah Munson-Lyman yang memberikan perubahan yang luar biasa di Tanah Batak, dan menjadi sejarah yang berharga yang harus diketahui generasi kita. Kedatangan kedua missonaris ini memberikan terang dan masuknya agama Kristen bagi pendahulu kita. Untuk itu jugalah saya berharap nama Munson-Lyman diabadikan sebagai nama pengganti untuk Bandara Silangit, menjadi Bandara Munson-Lyman Silangit Internasional. Itu sebagai bentuk penghargaan bagi sejarah kita. Di samping itu, nama itu juga akan menarik perhatian bagi negara asal Munson-Lyman untuk mengenal dan mengunjungi Kabupaten Tapanuli Utara, sehingga daerah kita akan lebih maju,” ujar Bupati.


‪Ketua DPRD Taput Ottoniyer Simanjuntak dalam kesempatan itu juga menyampaikan bahwa perayaan ini merupakan momen berharga dan religius bagi masyarakat untuk lebih memaknai arti Paskah, khususnya bagi umat Kristiani.

‪“Tempat ini menggugah kita untuk mengenang dan menghargai sejarah dan kami mendukung penuh ide Bupati yang ingin memberikan nama “Bandara Munson-Lyman Silangit Internasional” untuk bandara kita di Silangit sebagai bentuk penghargaan akan sejarah karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarah,” ujar Ottoniyer.

Editor: Mora