1 tahun lalu |14 Juni 2016 12:28 |1347 Pembaca

Kasus Lahan Rusunawa Sibolga, Bos PT PAS Pondok Batu Ditahan Kejatisu

MEDAN, SUARATAPANULI.COM РAdely Lis alias Juli, bos PT Putra Ali Sentosa (PAS) di Kawasan Industri Perikanan Pondok Batu, Kecamatan Sarudik, Kabupaten Tapanuli Tengah, ditahan penyidik Kejatisu, Senin (13/6/2016) sore. Sebelumnya, pengusaha perikanan laut berdarah Tionghoa itu diperiksa selama 5 jam sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pembebasan lahan pembangunan Rusunawa Kota Sibolga dari APBD TA 2012 senilai Rp6,8 miliar.

“Hari ini kami melakukan penahanan terhadap Adely Lis, yang bersangkutan sebagai tersangka dalam jual beli lahan di Sibolga untuk pembangunan rusunawa pada tahun 2012,” kata Kasi Penyidikan Kejatisu Novan Hadian kepada sejumlah wartawan di Medan.

Setelah lulus uji kesehatan, Juli langsung dibawa ke Rutan Kelas IA Tanjung Gusta Medan. Dia akan mendekam di rutan itu selama 20 hari ke depan, sembari menunggu selesainya pemberkasan untuk kemudian dilimpahkan ke pengadilan.

“Alasan subjektif penahanannya untuk bisa segera melimpahkan tersangka ke pengadilan. Alasan objektifnya sesuai KUHP, agar tersangka tidak melarikan diri, tidak menghilangkan barang bukti, dan tidak melakukan tindak pidana yang sama,” jelas Novan.

Dalam kasus tersebut, Adely Lis diganjar Pasal 2 Jo Pasal 3 UU Nomor 31 Tahun 1999 diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 ayat (1) KUHPidana.

 

Editor: Mora