2 tahun lalu |27 Maret 2016 09:04 |3837 Pembaca

Peringati Paskah, Muda-mudi di Tarutung Tampilkan Teatrikal Jalan Salib

Foto: Aksi teatrikal 'Jalan Salib' yang dilakoni muda-mudi di Tarutung, Taput untuk memperingati Paskah, Minggu (27/3). Foto: Buea/SUARATAPANULI.COM

TAPUT, SUARATAPANULI.COM- Perkumpulan Muda-mudi Hutabaginda bersama Naposo Bulung HKBP Pearaja, Tarutung, Taput menampilkan aksi teatrikal ‘Jalan Salib’ untuk memperingati Hari Paskah, Minggu (27/3). Mereka mencoba melakoni bagaimana kesengsaraan Tuhan Yesus berjalan memikul salib menuju Bukit Golgata.

Teatrikal yang dikenal dengan sebutan Viadolorosa itu dimulai dari kisah Yesus ditangkap prajurit Romawi kemudian dicambuk dan memikul salib untuk dibawa ke bukit Golgata tempat Dia disalibkan dan wafat.

Aksi itu dilakukan di sepanjang Jalan Hutabaginda-Jalan DI Panjaitan-Jalan Sibolga yang panjangnya sekitar 1,5 km. Aksi ini mendapat perhatian ratusan warga, bahkan banyak yang ikut iringan serta mengabadikan melalui ponselnya.

Tidak sedikit warga terharu menyaksikan teatrikal ini, banyak kaum ibu yang meneteskan airmata membayangkan penderitaan Yesus memikul dosa manusia.

Tumpal Siahaan yang memerankan Tuhan Yesus mengaku sangat senang dan bangga. Terik matahari tidak dihiraukannya. Sakit akibat cambukan serta pukulan dari temannya yang berperan prajurit Romawi tidak dihiraukannya.

“Saya sangat menghayati peran ini, apa yang dialami oleh Yesus diakhir hidupnya,” tutur Timpal.

Sementara itu Ketua Pelaksana Josua Lumbantobing berharap aksi teatrikal ini menjadi simbol kepada kita untuk selalu saling mengasihi sesama manusia.

Editor: Mora