1 tahun lalu |20 Juni 2016 18:43 |631 Pembaca

Bantuan Mesin Pertanian Dongkrak Produksi Pangan Humbahas

Foto: Kepala BPTP Sumut Andriko Noto Susanto dan Bupati Dosmar Banjarnahor (tengah), saat penyerahan bantuan alat mesin pertanian kepada sejumlah kelompok tani, Senin (20/6). Oka/ST

HUMBAHAS, SUARATAPANULI.COM -Kementerian Pertanian melalui Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian menyalurkan 44 unit alat mesin pertanian bagi sejumlah kelompok tani di Kabupaten Humbahas, Senin (20/6). Mesin itu diharapkan dapat digunakan secara benar demi mendongkrak produksi pangan, khususnya beras, di daerah itu.

“Dengan ketersediaan mesin-mesin ini kiranya dapat mendongkrak produksi pertanian, sekaligus berkontribusi bagi peningkatan penghasilan petani. Juga sebagai upaya percepatan swasembada pangan dan beras yang tengah didengungkan oleh pemerintah saat ini,” kata Kepala Balai Pengkajian Teknologi Peranian (BPTP) Sumut, Andriko Noto Susanto saat penyerahan bantuan.

Mesin-mesin itu terdiri dari 42 unit traktor rodadua, dan 2 unit mesin perontok padi. Andriko juga menyatakan, untuk memiliki daya saing di bidang pertanian, petani membutuhkan terobosan dalam hal alat mekanisasi pertanian yang modern. Termasuk dalam hal menggunakan dan merawat peralatan mesin yang digunakan.

Sementara itu Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor berpesan agar para petani, khususnya penerima bantuan, lebih giat bekerja. Dan bantuan yang diperoleh mesti dimanfaatkan sebaik mungkin. Harapannya sasaran pajale (padi, jagung dan kedelai) dan ragam pangan sehat bisa terwujud, seiring meningkatnya kesejahteraan petani.

“Bantuan ini jadi aset kelompok tani. Pengelolaannya diserahkan sepenuhnya kepada kelompok. Maka manfaatkanlah sebaik-baiknya bagi pengolahan dan perluasan lahan untuk meningkatkan produksi dan kesejahteraan anggota kelompok,” pesan Dosmar.

 

Editor: Mora