1 tahun lalu |28 Juni 2016 18:12 |776 Pembaca

KNPI Sibolga: Mari Jaga Kondusifitas Jelang Idul Fitri

Foto: Ivan Harahap. Ist
SIBOLGA, SUARATAPANULI.COM –┬áKetua DPD KNPI Sibolga Ivan Harahap menyampaikan imbauan agar segenap elemen masyarakat senantiasa menjaga kondusifitas menjelang perayaan Idul Fitri 1437 H.

“Sebagai organisasi perhimpunan kepemudaan, tentu kami menjadi garda terdepan menjaga kondusifitas. Terutama menjelang perayaan hari besar Idul Fitri, mari seluruh elemen masyarakat untuk senantiasa menjaga daerah kita yang terkenal harmonis dan rukun ini,” ujar Ivan, Selasa (28/6).

Menurut Ivan, menjaga kondusifitas itu berupa sikap saling toleran, salah satunya menahan diri untuk tidak berdemonstrasi dan senantiasa saling hormat-menghormati.

“Kami hanya bisa mengimbau, aksi-aksi demonstrasi agar ditahan dululah. Masih banyak kesempatan pasca Lebaran untuk menyampaikan aspirasi, berikan kesempatan bagi masyarakat (umat Muslim) merayakan kemenangannya,” kata Ivan.

Ivan menambahkan, upaya menjaga kondusifitas dan kenyamanan itu juga termasuk dengan tidak melakukan selebrasi yang berlebihan. Misalnya penggunaan petasan atau mercon yang dapat membahayakan nyawa orang lain.

“Sekedarnya lah, toh kemenangan nan suci ini adalah kemenangan iman dan bathin, bukan kemenangan lahiriah. Kami mengimbau penggunaan mercon, petasan, kembang api dan lain sebagainya yang sekiranya dapat membahayakan orang sekitar, agar bisa dihindari,” katanya.

Ivan menyebutkan, pada saat perayaan Idul Fitri nanti, pihaknya akan turut melibatkan para pemuda di Kota Sibolga untuk melakukan penjagaan di beberapa titik, terutama lokasi-lokasi ibadah.

“Kami akan koordinasikan OKP untuk turut terlibat dalam pengamanan terutama di masjid-masjid yang memang akan sangat ramai. Kemenangan ini adalah kemenangan seluruh umat, mari sama-sama menjaga,” pungkas Ivan. (ril)

Editor: Mora