1 tahun lalu |28 Juni 2016 21:19 |2436 Pembaca

Ya Tuhan… Truk “Monster” Terbalik Timpa Ibu dan Dua Anaknya

Foto: Korban Yoga dan adiknya Alpian saat di IGD RS Metta Medika Sibolga. Raymon/ST

SIBOLGA, SUARATAPANULI.COM¬†– Ancaman¬†yang selama ini dikhawatirkan warga dan pengendara di Kota Sibolga akhirnya terjadi. Seunit truk ekspedisi jenis Cold Diesel yang over tonase atau yang biasa disebut truk “monster” terbalik dan menimpa 3 pengendara sepedamotor di Jalan Suprapto, tepatnya di depan SMA Negeri 3 Sibolga, Selasa (28/6) sekira pukul 19.30 WIB. Ketiga korban masih satu keluarga, terdiri dari ibu dan dua anaknya.

Berdasarkan data dan informasi yang dihimpun, ketiga korban pesedamotor bernama Risma Hutabarat (40), Yoga (18), dan Alpian (3), warga Gang Sepucuk, Jalan Cendrawasih, Kelurahan Pancuran Bambu, Kecamatan Sibolga Sambas, Kota Sibolga. Saat kejadian, mereka mengendarai sepedamotor jenis Honda Vario bernomor polisi BB 3967 NK, dikemudikan oleh Yoga.
Foto: Korban Risma Hutabarat saat dirawat di rumahsakit. Raymon/ST Foto: Korban Risma Hutabarat saat dirawat di rumahsakit. Raymon/ST

 

Sementara itu, truk pembawa beragam bahan kebutuhan sehari-hari tujuan Pulau Nias itu melaju pelan dari arah perempatan lampu merah eks Bioskop Tagor menuju Pelabuhan ASP Sibolga di Jalan KH Ahmad Dahlan, Aek Manis.

Setibanya di lokasi kejadian, truk berplat polisi (hitam) BB 8712 LN itu sempat mengambil jalur kanan, karena di jalur kiri yang seharusnya terdapat banyak lubang. Sementara sepedamotor itu datang dari arah berlawanan tapi tetap pada jalur kiri, atau menjadi sejalur dengan truk itu.

Foto: Truk over tonase yang terbalik di Jalan Suprapto Sibolga. Raymon/ST Foto: Truk over tonase yang terbalik di Jalan Suprapto Sibolga. Raymon/ST

 

Tak diduga-duga, saat sepedamotor itu tepat melintas dari samping truk, truk itu justru oleng dan terbalik ke ke sisi kanannya dan menimpa sepedamotor tersebut. Tepatnya korban tertimpa barang-barang muatan pada bagian belakang truk.

“Kejadiannya sekitar jam setengah delapan malam tadi. Truknya mengambil jalur kanan, sementara yang naik sepedamotor datang dari arah berlawanan,” kata Julhamka Panjaitan, warga.

Sejumlah warga sekitar dan pengendara yang melintas kemudian memberi pertolongan kepada para korban. Mereka dilarikan ke IGD RS Metta Medika Sibolga.

Amatan di rumahsakit, korban Risma mengalami luka serius pada sekujur tubuhnya. Ia tampak diinfus dan diberi bantuan oksigen untuk pernafasannya. Sedangkan anaknya Alpian mengalami sejumlah luka memar pada wajah dan tubuhnya. Sementara korban Yoga tak begitu parah. Sanak famili dan warga tetangga terlihat memadati area IGD rumah sakit swasta tersebut.

Foto: Kasatlantas Polres Sibolga AKP Sawangin di lokasi kejadian truk ekspedisi overtonase yang terbalik dan menimpa pengendara sepedamotor di Jln Suprapto Kota Sibolga, Selasa (28/6) malam. Raymond/ST Foto: Kasatlantas Polres Sibolga AKP Sawangin di lokasi kejadian truk ekspedisi overtonase yang terbalik dan menimpa pengendara sepedamotor di Jln Suprapto Kota Sibolga, Selasa (28/6) malam. Raymond/ST

 

Terpisah, Kasat Lantas Polres Sibolga AKP Sawangin M, di lokasi kejadian, membenarkan peristiwa yang mengundang banyak keprihatinan warga tersebut. Dijelaskannya, truk ekspedisi itu terbalik dan menimpa 3 pengendara sepedamotor. Sopir truk yang tampak menakutkan itu langsung diamankan petugas untuk menghindari amukan massa.

“Supirnya sudah diamankan untuk mengantisipasi dimassakan. Korban seorang ibu dan dua anaknya laki-laki. Mereka sudah dibawa ke rumahsakit,” katanya.

Ditanya soal penyebab terbaliknya truk, Kasat Lantas menerangkan, sesuai informasi dan keterangan awalnya bahwa si sopir sudah tahu salah satu as roda truk sudah baling. Tapi si pengusaha ekspedisinya memaksa truk harus berangkat ke pelabuhan untuk diseberangkan karena kepepet waktu.

“Diduga ini sudah tahu as-nya baling, tapi pengusaha mau cepat diseberangkan, karena sebentar lagi kan Lebaran. Ini yang dibawa kebutuhan pokok khususnya untuk Lebaran, ke Nias. Barang-barang, makanan, minuman, dan pakaian,” ujar Kasat.

Foto: Beberapa truk "monster" yang biasa beroperasi dan melintas di jalan Kota Sibolga saat antri untuk masuk ke dalam kapal di Pelabuhan Sambas. Truk ekspedisi tujuan Pulau Nias kelas Cold Diesel 120 PS ini dimodifikasi agar dapat mengangkut muatan sekelas truk tronton 220 PS. Dok/ST Foto: Beberapa truk “monster” yang biasa beroperasi dan melintas di jalan Kota Sibolga saat antri untuk masuk ke dalam kapal di Pelabuhan Sambas. Truk ekspedisi tujuan Pulau Nias kelas Cold Diesel 120 PS ini dimodifikasi agar dapat mengangkut muatan sekelas truk tronton 220 PS. Dok/ST

 

Amatan di lokasi, selain menimpa pesepedamotor, muatan truk juga merubuhkan pagar beton dan besi pembatas kompleks Makorem 023/KS. Sejumlah petugas kepolisian dan TNI tampak berjaga di lokasi yang telah dipasangi pita police line itu.

Hingga berita ini diterbitkan, ketiga korban masih dirawat di RS Metta Medika. Sementara beberapa sumber menyebutkan, truk ekspedisi “monster” itu milik pengusaha warga Kota Sibolga bermarga Zega.

 

Editor: Mora