2 tahun lalu |27 Maret 2016 13:57 |1573 Pembaca

Pinus Tak Bisa Lagi Keluar dari Humbahas

Foto: hutan pinus/ ilustrasi

HUMBAHAS, SUARATAPANULI.COM- Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor menyatakan jangan ada lagi kayu pinus berdokumen SKAU (Surat Keterangan Asal Usul) yang keluar dari daerahnya. Sebab, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) melalui Balai Pengelolaan Hutan Produksi (BPHP) Wilayah II Sumut telah menghentikan sementara penerbitan SKAU di Sumut. Penghentian itu ditegaskan dalam surat Nomor: S.502/BPHII-3/2016 tangggal 18 Maret 2016.

Bupati Dosmar menyebutkan, sebelumnya ia telah bermohon kepada Menteri LHK Siti Nurbaya untuk merevisi Permen LHK Nomor 21 yang mengatur soal penerbitan SKAU kayu milik masyarakat, dan dikabulkan.

Menurutnya, kewenangan kepala desa yang bersertifikat pelatihan untuk penerbitan SKAU sangat rancu. Sebab, kepala daerah tidak mengetahui bagaimana asal usul kayu yang diperjual belikan dari daerahnya. Dan soal keabsahan kepemilikan tanah dan kubikasi kayu yang dikeluarkan pun rentan manipulasi.

Dosmar berharap semua pihak mendukung upaya perlindungan hutan ini, demi pengembangan pariwisata dan pelestarian Danau Toba ini. Begitu pun para kepala desa yang bersertifikat izin penerbitan di daerahnya agar menghentikan pemberian dokumen SKAU. (sumber: wol)

Diolah: Redaksi