1 tahun lalu |2 Juli 2016 11:15 |970 Pembaca

Ruko Lumbanbatu Hampir Hangus Gara-gara Cucunya

Foto: Ruko milik Gr F Lumbanbatu di Jalan Maduma II, Pasar Baru Doloksanggul, Humbahas yang nyaris ludes terbakar, Jumat (1/7). Oka/ST
HUMBAHAS, SUARATAPANULI.COM – Warga dan pedagang sekitar sempat panik melihat kepulan asap dari lantai II ruko milik Gr F Lumbanbatu di Jalan Maduma II, Pasar Baru Doloksanggul, Kabupaten Humbahas, Jumat (1/7). Rupanya, cucu dari pemilik toko kain itu tak sengaja bermain korek api, dan api sudah sempat membakar beberapa helai kain dan dinding ruko.

Mengetahui ada teriakan terjadi kebakaran, pemilik ruko dan warga spontan berusaha memadamkan dengan alat seadanya. Pengunjung dan warga sempat panik dan berusaha menyelamatkan diri karena khawatir terjadi kebakaran hebat. Untung saja api bisa langsung dikendalikan dan dipadamkan.

“Kami langsung mencoba memadamkannya pakai air dan kain yang dibasahi, tadi warga juga ramai-ramai membantu mematikan api,” ujar korban Gr F  Lumbanbantu.

Sebelumnya, kata Lumbanbatu, mereka sedang berada di lantai bawah bersama sejumlah sanak keluarganya. Sementara di lantai II beberapa cucunya asyik bermain. Tak tahunya diantara anak-anak itu ada yang melempar api dan sempat menghanguskan sejumlah barang.

“Beruntung tadi ada warga yang melihat kepulan asap keluar dari lantai II dan langsung berteriak. Untung saja apinya tak sampai membesar,” ujarnya.

Kerugian yang dialami diperkirakan mencapai Rp1 juta. Insiden itu sempat sampai ke pihak pemadam kebakaran (damkar) Humbahas. Tapi karena api sudah padam, petugas damkar tidak jadi datang.

“Memang benar, tadi kita mendapat laporan bahwa sebuah rumah terbakar di Pasar Baru Doloksanggul. Sudah tertangani, dengan pemadaman manual, sehingga kami tidak terjun turun ke lokasi,” ujar salah seorang personil Damkar Humbahas yang dihubungi terpisah.

Editor: Mora