1 tahun lalu |20 Juli 2016 18:18 |545 Pembaca

Diberi Septor Dinas, Kades Dituntut Tingkatkan Kinerja

Foto: Bupati Sukran Jamilan Tanjung saat menyerahkan simbolis kendaraan dinas kepada para kepala desa. Dok Humas/ST

TAPTENG, SUARATAPANULI.COM – Masih banyak warga di Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) yang mengaku belum mendapat pelayanan prima dari pemerintahan desanya. Sementara tahun ini pemerintah kabupaten memberikan 100 unit sepedamotor jenis bebek untuk kendaraan dinas para kepala desa (kades). Warga pun berharap, para kades dapat meningkatkan kinerjanya.

“Sebagai masyarakat, saya berharap kinerja kepala desa yang mendapatkan kendaraan dinas itu bisa lebih meningkat kinerjanya dalam melayani masyarakatnya. Sebab masih banyak kepala desa yang belum sepenuhnya mengabdikan diri sebagai petugas pemerintahan terdepan terhadap masyarakat,” kata Longgam Hutauruk (42), warga Kecamatan Tapian Nauli, kepada SuaraTapanuli.Com, Rabu (20/7).

Harapan itu diungkapkan Longgam menyikapi pemberian bantuan kendaraan dinas kepada 100 kades di kabupaten itu tahun ini. “Saya dengar para kepala desa diberi dukungan sepedamotor, semoga kendaraan dinas itu digunakan sebagaimana fungsinya, jangan pula banyakan dipakai untuk kepentingan pribadinya,” tukasnya.

Terpisah, Bupati Tapteng Sukran Jamilan Tanjung menyerahkan 14 unit kendaraan dinas baru itu kepada 14 kades dari Kecamatan Tukka, Sitahuis, Sarudik, Kolang, Badiri, dan Barus Utara, Rabu (20/7). Bupati pun berharap agar para kades penerima semakin mengedepankan kinerja dalam pelayanan dan menjalankan roda pemerintahan di desa masing-masing.

“Kepala desa merupakan ujung tombak pemerintahan. Sejak tahun 2005 tidak ada pengadaan dan pembaruan kendaraan dinas, saya miris melihat sepedamotor dinas kades yang lama nonggok di kantor camatnya, saya pikir perlu diperbarui. Makanya tahun ini kita anggarkan pengadaannya,” ujar Bupati.

Diakui Bupati, masih ada kepala desa lagi yang membutuhkan kendaraan dinas baru. Namun pengadaannya dapat dipertimbangkan untuk tahap kedua tahun berikutnya. “Secara bertahap, karena banyak lagi anggaran program pembangunan yang juga harus direalisasikan. Makanya saya harap kendaraan dinas baru ini dirawat dengan baik,” pungkas Bupati.

 

Editor: Mora