1 tahun lalu |27 Juli 2016 19:40 |1300 Pembaca

Siswa SMAN 1 Lintongnihuta Wakili Tapanuli Raya di LTTK Sumut

Foto: Wabub, Dekopinda dan siswa SMAN 1 Lintongnihuta Humbahas yang akan berlaga di LTTK Sumut, mewakili Tapanuli Raya. Oka/ST
HUMBAHAS, SUARATAPANULI.COM – Siswa SMA Negeri 1 Lintongnihuta, Kabupaten Humbahas diutus mewakili Tapanuli Raya mengikuti Lomba Tangkas Terampil Koperasi (LTTK) tingkat Provinsi Sumatera Utara, memperebutkan piala Gubernur. Selain berlomba, mereka diharapkan akan menjadi kader-kader koperasi yang berjiwa dan semangat koperasi yang profesional.

Hal itu disampaikan Ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Humbahas Djahormat Hutasoit didampingi seketarisnya Junior Lumbantoruan dan pembimbing Gotma P Samosir saat audensi dengan Wakil Bupati Humbahas Saut Parlindungan Simamora yang didampingi Kadis Perindagkop JW Purba, di Ruang Rapat Mini Setkakab Humbahas, Kamis (27/7).

Djahormat menjelaskan, sebelumnya telah diseleksi pada tingkat kecamatan dan kabupaten setempat. Lima sekolah yang ikut seleksi yakni itu SMA Negeri 1 Doloksanggul, SMK Negeri 1 Doloksanggul, SMA Negeri 1 Lintongnihuta, SMA Negeri 1 Pollung dan SMA St Maria Pakkat. Kemudian SMA Negeri 1 Lintongnihuta tampil sebagai juara pertama.

Lalu, pihak Dekopinda juga telah melaksanakan seleksi antar kabupaten di wilayah Tapanuli Raya (Humbahas, Tapanuli Utara, Toba Samosir dan Samosir), yaitu utusan Tapanuli Utara SMK Negeri 1 Siatasbarita, utusan Tobasa SMK Negeri 1 Balige dan utusan Samosir SMA Negeri 1 Pangururan. Hasilnya SMA Negeri 1 Lintongnihuta juga sebagai juara pertama.

“Sehingga SMA Negeri 1 Lintongnihuta Humbahas inilah yang diutus mewakili Tapanuli Raya. Timnya diantaranya Cuncun Samosir, Lusia Sianturi, Maria Sihombing dan Romsina Siregar,” ucap Djahormat.

Djahormat pun memaparkan bahwa saat ini sekolah tingkat SMA telah mempelajari tentang perkoperasian. Tujuannya untuk memberikan pengetahuan, wawasan dan semangat kepada masyarakat khususnya para generasi muda dalam membangun perkoperasian di daerah masing-masing.

Sedangkan tujuan dari LTTK itu sendiri untuk mempersiapkan kader-kader koperasi di masa yang akan datang yang memiliki jiwa dan semangat koperasi yang profesional, sekaligus mampu menjaga kesinambungan eksistensi koperasi di daerah masing-masing.

“Koperasi sangat penting yang diyakini sebagai sokoguru perekonomian bangsa, agar dapat menopang perekonomian daerah dan nasional sebagai stabilisator dan pilar ekonomi,” kata Djahormat.

Wakil Bupati Saut P Simamora menyambut baik pertemuan itu dan sangat bangga atas prestasi yang diraih. Menurutnya, lomba dan kegiatan itu termasuk mendukung program Pemkab Humbahas hebat dan bermentalitas unggul. Saut juga berharap anak-anak utusan dari Tapanuli Raya kembali tampil sebagai juara di tingkat Sumut.

“Ini doa masyarakat dan Pemkab Humbahas,” pungkas Saut.

Editor: Marihot Simamora