1 tahun lalu |27 Juli 2016 19:52 |1323 Pembaca

Puskesmas Sipultak Pagaran Diresmikan

Foto: Ny Satika Nikson Nababan Br Simamora menggunting pita tanda diresmikannya Puskesmas Sipultak Pagaran, Taput. Ist

TAPUT, SUARATAPANULI.COM – Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan didampingi Ketua TP PKK Ny Satika Nikson Nababan Br Simamora meresmikan Puskesmas Sipultak, Kecamatan Pagaran, Rabu (27/7/2016). Peresmian ditandai dengan membuka selubung plang nama dan penandatanganan prasasti oleh Bupati serta penguntingan pita oleh Ketua PKK.

Dalam sambutannya Bupati menghimbau agar seluruh tim medis yang ditempatkan di puskesmas ini melakukan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. “Saya berharap masyarakat dapat menikmati kehadiran puskesmas ini, yakni dengan pelayanan maksimal dari semua petugasnya,” ujar Bupati.

Di hadapan ribuan masyarakat, Bupati menjelaskan bahwa keberadaan puskesmas ini sebagai bentuk pelayanan pemerintah dalam bidang kesehatan. Karena itu ia mengajak masyarakat sekitar memanfaatkan serta menjaga puskesmas.

“Inilah upaya kita, dengan membangun sarana kesehatan semua dusun dapat merasakan sentuhan tangan dokter. Kita akan terus berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan, pelayanan yang benar-benar menyentuh rakyat kecil, bukan hanya bagi mereka yang mampu,” ujar Bupati.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Taput dr Janri Nababan dalam laporannya menyampaikan berdirinya Puskesmas Sipultak berdasarkan Peraturan Bupati Nomor 10 Tahun 2016 tentang pembentukan unit UPT Sipultak Pagaran.  Secara operasionalnya, puskesmas ini berfungsi sebagai puskesmas rawat jalan.

“Layanan puskesmas meliputi meliputi 6 Desa, yakni Desa Sipultak, Sipultak Dolok, Simamora Hasibuan, Hasibuan, Dolok Saribu dan Lumban Silintong,” terang dr Janri.

Jumlah petugas medis yang ditempatkan sebanyak 45 orang, terdiri dari tenag dokter umum 2 orang, dokter gigi 1 orang, tenaga bidan sebanyak 30 orang, tenaga perawat 11 orang, tenaga kefarmasian 1 orang, dan tenaga administrasi 1 orang.

Kepala Puskesmas Sipultak drg Monika Sinaga mengungkapkan, sebagai puskesmas baru diperlukan pembenahan yang lebih, seperti sarana prasarana, tenaga medis dan layanan kesehatan. “Untuk menunjang pelayanan yang maksimal ke masyarakat, diharapkan pemerintah dan DPRD lebih memperhatikan keberadaan puskesmas ke-20 di Tapanuli Utara ini,” ujarnya.

Peresmian juga diisi dengan pemberian kartu BPJS melalui program JKN kepada ratusan warga Kecamatan Pagaran, serta pemberian bantuan sepedamotor kepada beberapa tenaga medis di Tapanuli Utara.
Editor: Marihot Simamora