1 tahun lalu |1 Agustus 2016 16:48 |491 Pembaca

Sekdakot: Surat Kontrak Pelabuhan Lama Sibolga Sudah Hilang

Foto: Gerbang masuk ke kawasan Pelabuhan Lama Sibolga yang selalu terkunci. Dok/ST
SIBOLGA, SUARATAPANULI.COM – Pernyataan yang cukup mengejutkan dilontarkan Sekdakot Sibolga Mochammad Sugeng. Disebutnya bahwa berkas kontrak kawasan Pelabuhan Lama Sibolga oleh pihak ketiga selama 25 tahun ternyata sudah hilang.

“Lahan itu sebenarnya milik PT Pelindo. Selanjutnya PT Pelindo menghibahkan kepada Pemko Sibolga, dan Pemko Sibolga mengontrakkannya kepada pihak ketiga yaitu Marine Resort selama 25 tahun. Sedangkan berapa besaran nilai kontrak lahannya itu kita tidak tahu, karena berkasnya tidak ada lagi di kantor PKAD Pemko Sibolga, katanya sudah hilang,” kata Sekdakot kepada wartawan, Senin (1/8/2016).

Sekdakot menjelaskan, lahan itu dikontrakkan sejak tahun 2004, saat masa kemimpinan Sahat Panggabean sebagai Walikota Sibolga. Pemko sendiri belum bisa menarik lahan itu, karena masa kontraknya masih panjang. Sementara Soal adanya informasi yang menyebutkan bahwa lahan tersebut sudah keluar sertifikasinya atas nama pengontrak, Sekdakot tidak mau berspekulasi.

“Setahu saya lahan itu dikontrakkan, masalah lahan itu sudah keluar sertifikatnya atas nama pengontrak, saya tidak tahu, karena Pemko tidak memiliki berkasnya lagi. Yang saya tahu lahan itu hanya dikotrakkan selama 25 tahun. Berapa luas lahan dan nilai kotraknya tidak ada lagi buktinya. Dan saya sudah pernah menanyakan berkas itu kepada Kantor PKAD Sibolga, katanya berkasnya sudah hilang,” kilahnya.

Polemik status lahan Pelabuhan Lama ini kerap mengundang kecurigaan. Apalagi karena sempitnya ketersediaan lahan di Kota Sibolga, namun ada kawasan yang cukup luas yang justru dibiarkan terbengkalai.

Editor: Marihot Simamora