1 tahun lalu |1 Agustus 2016 19:26 |8616 Pembaca

Kantor Pusat HKBP Dibobol Maling, Rp434 Juta Raib

Foto: Kantor Pusat HKBP di Pearaja, Tarutung, Tapanuli Utara, Sumut. Dok Istimewa

TAPUT, SUARATAPANULI.COM – Kantor Pusat Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) yang berada di Jalan Putri Lopian, Pearaja, Kecamatan Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Sumut, dibobol maling. Peristiwa ini terjadi pada Senin (1/8/2016) subuh sekira pukul 04.00 WIB. Kerugian ditaksir mencapai Rp434 juta.

“Berdasarkan keterangan yang diperoleh dari pihak HKBP, jumlah uang yang digondol maling itu mencapai Rp434 juta. Uang tersebut berasal dari ruang bendahara dan ruangan lainnya,” terang Kapolres Taput AKBP Dudus HD melalui Kasubbag Humas Aiptu Walpon Baringbing kepada awak media, Senin (1/8).

Disebut Baringbing, polisi mengetahui aksi pencurian itu setelah petugas keamanan kantor tersebut datang ke Mapolres sekira pukul 04.30 WIB, melaporkan bahwa kantor mereka telah dibobol maling.

“Petugas keamanan kantor yang datang melaporkan. Pagi itu juga tim gabungan yang terdiri dari Unit Reskrim, Identifikasi, Intel dan Sabhara turun ke lokasi untuk olah tempat kejadian perkara (TKP),” jelas Baringbing.

Dari hasil olah TKP diketahui ada beberapa  ruangan yang dibongkar, antara lain ruang kerja Ephorus, ruang kerja Kepala Personalia, ruangan Kepala Departemen Diakonia, ruangan Biro Pensiunan dan ruangan Bendahara.

“Pelakunya masuk melalui pintu samping sebelah kiri dengan cara merusak perangkat kuncinya menggunakan obeng,” ujarnya.

Lebih lanjut diterangkan Baringbing, pada saat olah TKP ditemukan juga barang bukti berupa 1 buah obeng dan sebuah bungkusan plastik hitam berisi uang sejumlah Rp44 juta yang terletak di semak-semak di belakang kantor itu.

“Saat ini polisi masih terus mengembangkan penyelidikan untuk mengungkap pelakunya,” pungkas Baringbing.

 

Editor: Marihot Simamora