1 tahun lalu |2 Agustus 2016 13:45 |3343 Pembaca

Ibu Muda Gagal Dibegal, Pelaku Adik Oknum Pejabat Pemko Sibolga

Foto: Paulus Harahap, pelaku begal yang gagal beraksi di Jalan S Parman Kota Sibolga saat dibawa petugas. Marihot Simamora/ST

SIBOLGA, SUARATAPANULI.COM – Aksi begal oleh Paulus Harahap (40-an) ini terbilang nekad tapi konyol. Aksinya menyandera seorang ibu muda bersama anaknya yang tengah berada di dalam mobil, rupanya berhasil digagalkan beberapa warga. Peristiwa ini terjadi di Jalan S Pagaran Kota Sibolga, tepatnya di depan gerbang Vihara Avalokitesvara dan sekolahan Yayasan Tri Ratna, Selasa (2/8/2016) sekira pukul 11.30 WIB.

Berdasarkan keterangan yang dihimpun dari lokasi, pelaku awalnya menghampiri mobil jenis Honda Brio merah milik korban Melati (26). Di dalam mobil yang tengah parkir itu, ada juga Felicia Ernestine (6), putri dari Melati. Pelaku kemudian berhasil masuk ke dalam mobil dan mengambil alih kemudi dengan cara mencekik dan mengancam Melati menggunakan sebilah pisau.

“Dia memaksa masuk dengan mengancam pakai pisau, terus menutup mulut saya. Dia mau melarikan mobil saya, ada anak saya di dalam,” tutur Melati saat dirawat di RSUD Dr FL Tobing Sibolga.

Keberadaan Melati di lokasi itu memang sudah aktifitas sehari-harinya untuk menjemput anaknya pulang sekolah. Melati merupakan warga Jalan Hiu No. 47 Kelurahan Pancuran Kerambil, Kecamatan Sibolga Sambas. Dia seorang ibu rumahtangga biasa.

Foto: Korban Melati (baju biru) dan anaknya saat di RSUD Sibolga. Marihot Simamora/ST Foto: Korban Melati (baju biru) dan anaknya saat di RSUD Sibolga. Marihot Simamora/ST

 

Sementara itu saksi mata Hotmaruli Tua aliad Babe (60) mengaku dirinya sempat bertindak menolong korban sambil menghalau pelaku melarikan mobil tersebut. “Saya gak tahu bagaimana dia sudah masuk ke dalam mobil, tapi saya dengar ada orang minta tolong dan saya lihat si pelaku, saya coba menahan dia, saya sampai ikut terseret saat si pelaku itu mau bawa kabur mobilnya,” kata Babe sambil menunjukkan luka-luka lecet di kakinya akibat berusaha menghalau pelaku.

Sontak saja kejadian itu diketahui warga lainnya, apalagi lokasi adalah kawasan yang ramai dan pada saat jam pulang anak sekolah dasar. Sejumlah warga dan pengendara lainnya kemudian mengejar pelaku dan berhasil menangkapnya. Pelaku pun sempat babak belur dihakimi massa yang merasa geram.

Setelah diamankan, pelaku kemudian dibawa petugas Polres Sibolga ke RSUD Dr FL Tobing untuk mendapatkan perawatan, kemudian dibawa kembali ke Mapolres untuk diperiksa.

Pelaku Adik Oknum Pejabat di Pemko Sibolga

Sementara itu, sejumlah sumber menyebutkan bahwa pelaku adalah adik seorang oknum pejabat eselon II di lingkungan Pemko Sibolga. Pelaku juga diketahui bekerja di BUMD PDAM Tirta Nauli Kota Sibolga. Tinggalnya di Jalan Maraden Panggabean, Sibolga Julu, Kecamatan Sibolga Utara.

“Iya, itu adiknya Kadis itu, kalau tidak salah pelaku ini kerjanya di PDAM Sibolga,” ujar salah seorang awak media yang mengenal pelaku.

Foto: Mobil milik korban yang hendak Dibegal Pelaku. Marihot Simamora/ST Foto: Mobil milik korban yang hendak Dibegal Pelaku. Marihot Simamora/ST

 

Terpisah, Kapolres Sibolga AKBP Benny Remus Hutajulu melalui Kasubbag Humas Ipda R Sormin membenarkan pelaporan atas aksi pembegalan tersebut. Namun hingga siang, pihaknya masih melakukan pemeriksaan mendalam terhadap pelaku, korban, dan saksi-saksi.

“Korban sudah membuat laporan pengaduan resmi, dan sedang diproses sekarang. Untuk kerugian materinya nihil, tapi korban mengalami luka-luka memar saat melakukan perlawanan,” ujarnya.

Amatan di Mapolres, mobil milik korban dan pisau yang digunakan pelaku turut diamankan petugas. “Tadi pas dibawa ke Polres sempat kutanya dia (pelaku). Kenapa kau, jawabnya anakku sedang sakit pak, itu alasannya,” ucap seorang perwira Polres Sibolga.

 

Editor: Marihot Simamora