1 tahun lalu |2 Agustus 2016 18:21 |539 Pembaca

Humbahas Ciptakan Pariwisata Ramah, Jujur & Bersih

Foto: Pertemuan bertajuk pengembangan SDM bidang kepariwisataan Humbahas. Dok/ST

HUMBAHAS, SUARATAPANULI.COM – Pemkab Humbahas bersama Akademi Pariwisata Medan memberikan pencerahan kepada para pelaku kepariwisataan di daerah itu. Pelaku pariwisata, perhotelan, dan restoran diharapkan profesional dan harmonis melalui tiga cara, yakni ramah, jujur dan bersih.

Hal itu disampaikan Sekdakab Humbahas Saul Situmorang dalam pertemuan bertajuk Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Bidang Keparawisataan, yang digelar di Martin Anugrah Doloksanggul, Selasa (2/8).

“Semua harus ramah. Kemudian harus jujur. Jangan karena pengunjung datang dengan mobil mewah, harga jual barang jadi dibuat mahal, ini harus dihindari. Kita juga harus jujur, jangan bohongi pengunjung, sehingga mereka rindu untuk d kembali berkunjung,” ujar Saul.

Saul juga menekankan agar para pelaku usaha restoran harus menjamin kebersihan, baik menu sajian maupun lingkungan, sehingga pengunjung benar-benar merasa nyaman. “Kalau yang tiga hal ini tidak kita miliki, maka usaha kita itu tidak akan laku. Jadi pelaku hotel dan pariwisata harus memiliki tiga konsep tersebut,” ucapnya.

Pudir I Akademi Pariwisata Medan Zumri Shultoni menjelaskan bahwa sesuai instruksi Kementrian Pariwisata, pihaknya ditugasi membantu 7 kabupaten di wilayah Tapanuli, termasuk Humbahas, dalam hal pengembangan sektor pariwisata, perhotelan dan restoran. Menurutnya, potensi pariwisata di Humbahas sangat besar, khususnya untuk mendukung destinasi Danau Toba.

“Sudah menjadi komitmen kami untuk melaksanakan pengabdian bagi masyarakat terutama di bidang pariwisata, khususnya untuk pembinaan SDM-nya,” tuturnya.

Sementara itu, Hamdani dan Rahmad Darmawan juga selaku narasumber pun menekankan pentingnya menciptakan suasana harmonis. “Itu adalah harga mati yang harus terus dijaga,” ujar Hamdani.

 

Editor: Marihot Simamora