1 tahun lalu |3 Agustus 2016 13:58 |787 Pembaca

Jamaah Haji Sibolga Dikebalkan

Foto: Proses pemberian vaksin kepada calon jamaah haji asal Kota Sibolga. Ray/ST

SIBOLGA, SUARATAPANULI.COM – Untuk memastikan kesehatan para calon jamaah haji asal Kota Sibolga yang berangkat tahun tahun ini, pihak Kantor Kemenag dan Dinas Kesehatan melakukan pemeriksaan medis, Rabu (3/8/2016). Jamaah juga diberi vaksin meningitis untuk kekebalan tubuh terhadap penyakit, serta pelatihan dan pembinaan manasik.

Ketua rombongan jamaah, Apit Marekan SAg mengatakan, pemeriksaan yang digelar di Kantor Dinas Kesehatan Sibolga itu meliputi pemeriksaan tekanan darah, jantung, dan lainnya.

“Selain itu, calon jamaah haji asal Sibolga yang tergabung dalam kloter 11 debarkasi Medan, Sumatera Utara ini juga diberikan suntik vaksinasi meningitis untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit sewaktu menjalankan rukun Islam kelima itu nantinya,” ujar Apit Marekan.

Ditambahkannya, perbedaan kondisi iklim di tanah suci sangat berbeda dengan iklim di tanah air, khususnya di Sibolga, jadi vaksin yang diterima calon jamaah haji tersebut dapat membantu calon jamaah haji dalam melaksanakan tiap-tiap proses yang dilakukan. “Jamaah bisa lebih khusuk dalam beribadah,” jelasnya.

Sementara itu, terkait merebaknya kasus vaksin palsu belakangan ini, Dinas Kesehatan Kota Sibolga menjamin vaksin yang diberikan kepada calon jamaah haji dijamin keasliannya. Selain itu, jumlah vaksin yang diterima itu berdasarkan kuota haji dan tidak berdasarkan permintaan Dinkes Sibolga pada saat musim haji sekarang ini.

“Pasti asli, vaksin ini langsung didistribusikan Kementrian Kesehatan RI ke Dinkes Kota Sibolga,” ujar dr Donna Situmeang selaku Kabid PP & 2PL Dinkes Sibolga.

Berdasarkan info dari Kantor Kemenag Sibolga, jamaah haji asal Sibolga yang berjumlah sebanyak 31 orang ini akan berangkat dari Sibolga pada tanggal 20 Agustus nanti menuju Medan, dan terbang menuju tanah suci Mekkah pada tanggal 22 Agustus.

 

Editor: Marihot Simamora