1 tahun lalu |4 Agustus 2016 16:56 |996 Pembaca

Tim K9 Didatangkan Melacak Pembobol CU Maju Tarutung

Foto: Kantor CU Maju Tarutung yang baru disatroni maling. Buea/ST

TARUTUNG, SUARATAPANULI.COM – Untuk mengungkap kasus pencurian di CU Maju Tarutung, Polres Tapanuli Utara (Taput) akan mendatangkan Tim K9 dari Dit Shabara Polda Sumut. Rencananya tim dengan dukungan anjing pelacak ini akan sampai di Tarutung malam ini.

“Kita harapkan Tim K9 dapat memberi petunjuk untuk mengungkap kasus ini,” ujar Kapolres Taput AKBP Dudus HD melalui Kasubbag Humas Aiptu Walpon Baringbing kepada awak media, Kamis (4/8).

Diterangkannya, Tim K9 ini sengaja didatangkan dari hasil analisa olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) yang dilakukan polisi. Begitu ada laporan CU Maju disantroni maling, tim reskrim langsung turun ke TKP. Dari hasil olah TKP, lokasi diyakini masih steril untuk pengungkapan. “Artinya hanya sedikit jejak yang ditemukan, dan saat ini lokasi sudah dibuat garis polisi serta dijaga ketat oleh petugas agar tidak ada orang masuk,” ujar Baringbing.

Lebih lanjut diterangkan Baringbing, dari hasil olah TKP beberapa ruangan sempat dimasuki oleh pelaku. Dalam aksinya pelaku merusak brangkas dan laci yang ada. “Diduga pelaku masuk dari ventilasi kamar mandi dan pelaku melakukan aksinya sekira antara pukul 23.00 WIB sampai pukul 02.00 WIB dini hari,” sambungnya.

Dari keterangan yang diambil dari pihak CU Maju, Baringbing menerangkan uang yang raib dibawa pelaku berkisar Rp41 juta, dengan rincian dari brangkas sebesar Rp36 juta, dari laci kepala kasir 3 juta, dan dari ruangan kasir sebesar Rp2 juta.

CU Maju Tarutung diketahui dibobol maling pertama sekali oleh security kantor, Manto Aritonang. Saat itu Manto mau masuk kerja dan membuka pintu depan dan melihat kantor telah porak poranda. Hal ini langsung dilaporkan ke pimpinan dan selanjutnya dilaporkan ke Polres Taput. Hingga saat ini polisi sudah memeriksa 3 orang untuk  diambil keterangan guna pengembangan kasus ini.

 

Editor: Marihot Simamora