1 tahun lalu |4 Agustus 2016 17:28 |543 Pembaca

Serapan APBD Humbahas Masih 25 Persen, Kenapa?

Foto: Eben V Simanungkalit.

HUMBAHAS, SUARATAPANULI.COM – Serapan atau realisasi APBD Kabupaten Humbahas tahun ini masih sangat rendah. Hingga triwulan kedua atau akhir Juli penyerapan baru mencapai 25 persen. Apa penyebabnya?

Hal tidak baik itu diakui Kabag Pembangunan Humbahas Eben V Simanungkalit. Menurutnya serapan tersebut masih jauh dari target. Eben pun menyayangkan kinerja Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang terkesan lamban dalam melaksanakan program kegiatannya.

“Serapan APBD hingga saat ini masih sangat rendah. Kemarin kami sudah rapat soal realisasi anggaran. Diketahui bahwa ada SKPD yang serapannya masih 0 persen, yakni dinas kehutanan,” aku Eben saat dihubungi wartawan,  Kamis (4/8).

Menurutnya, rendahnya serapan APBD itu juga terkait dengan situasi politik pasca pilkada dan beberapa faktor lainnya. Dimana banyak SKPD yang terlalu hati-hati menggunakan anggaran karena khawatir nanti malah bermasalah.

“Selain itu, saat ini beberapa SKPD yang masih dalam proses lelang proyek pembangunan. Sehingga laporan keuangannya belum bisa diselesaikan. Tapi saya yakin pada akhir tahun nanti realisasi anggaran ini akan meningkat signifikan,” ucap Eben.

Terpisah, Sekdakab Humbahas Saul Situmorang menyatakan telah menginstrukasikan jajaran SKPD yang rendah serapan anggarannya untuk segera melaporkannya secara tertulis, agar dapat dicari langkah-langkah percepatannya. “Sehingga target serapan anggaran itu bisa tercapai pada akhir tahun nanti,” ujar Saul.

 

Editor: Marihot Simamora