1 tahun lalu |5 Agustus 2016 20:13 |1862 Pembaca

Pembobolan Kantor Pusat HKBP & CU Maju, K9 Endus Petunjuk Baru

Foto: Anjing pelacak dari Tim K9 Ditsabhara Poldasu saat melakukan penyelidikan di salah satu lokasi. Buea/ST

TARUTUNG, SUARATAPANULI.COM – Pengungkapan kasus pencurian di Kantor Pusat HKBP Pearaja dan Kantor Credit Union Maju di Tarutung, Tapanuli Utara (Taput) semakin terang. Tim K9 Ditsabhara Polda Sumut yang didatangkan menemukan petunjuk baru, Jumat (5/8/2016).

Kemajuan penyelidikan itu diungkapkan Kapolres Taput AKBP Dudus HD melalui Kasubbag Humas Aiptu Walpon Baringbing.

“Benar ada ditemukan petunjuk baru, yakni jejak baru para pelaku, baik itu untuk kasus Kantor Pusat HKBP maupun di CU Maju Tarutung,” tegas Baringbing kepada awak media, Jumat (5/8).

Dari petunjuk baru ini polisi akan terus mengembangkan penyelidikan dalam upaya pengungkapan pencurian yang menggemparkan daerah ini.

“Untuk CU Maju, anjing pelacak K9 menemukan satu petunjuk baru saat ini sedang dikembangkan. Sedangkan untuk Kantor Pusat HKBP atas petunjuk baru yang ditemukan, saat ini polisi sedang memeriksa 2 orang lagi untuk diambil keterangannya,” sambung Baringbing tanpa menyebut nama keduanya demi penyelidikan.

Foto: Anjing pelacak dari Tim K9 Ditsabhara Poldasu saat melakukan penyelidikan di salah satu lokasi. Buea/ST Foto: Anjing pelacak dari Tim K9 Ditsabhara Poldasu saat melakukan penyelidikan di salah satu lokasi. Buea/ST

 

Dijelaskan Baringbing, K9 bersama dengan Tim Inafis Polres Taput melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) di CU Maju, hingga dua kali, yakni pada Kamis (4/8) pukul 22.00-24.00 WIB. Kemudian dilanjutkan pada Jumat (5/8) pagi sejak pukul 07.30-09.00 WIB. Sedangkan olah TKP di Kantor Pusat HKBP dilakukan pukul 11.00-14.00 WIB.

“Kegiatan olah TKP dilakukan bukan hanya di lokasi, namun juga di sekitaran lokasi diendus oleh anjing pelacak K9. Hal ini untuk melacak jejak-jejak pelaku disesuaikan dengan jejak yang ada di lokasi,” ujar Baringbing sembari menjelaskan anjing pelacak K9 yang diturunkan hanya 1 ekor, berjenis doberman.

 

Editor: Marihot Simamora